Kesehatan dan Bela Negara

Rizki EKANANDA

Abstract


Ancaman terhadap negara berubah sesuai perkembangan zaman. Bela negara tidak lagi merupakan ranah militer, tapi juga termasuk  nirmiliter. Bidang Kesehatan memiliki potensi ancaman yang juga dapat merusak ketahanan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana konsep bela negara di Indonesia, dan bagaimana posisi kesehatan dalam sistem pertahanan negara Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan ruang lingkup adalah negara Indonsia, penelitian menggunakan data sekunder berupa dokumen pemerintah dan jurnal penelitian.

Hasil : Bela negara merupakan bagian dari pertahanan nasional untuk menguatkan ketahanan nasional. Dengan konsep pertahanan semesta, setiap warga negara memiliki peran untuk melakukan bela negara termasuk praktisi dan pegiat kesehatan. Secara normatif, kesehatan telah masuk dan menjadi bagian dalam pertahanan negara fokus utama kebijakan diarahkan adalah terkait epidemi penyakit, poin lain yang bersinggungan antara lain bencana, iklim, krisis pangan. Mengacu kepada sistem pertahanan negara kegiatan bela negara dalam konteks kesehatan, utamanya diarahkan kepada penguatan bidang kesehatan masyarakat atau kedokteran komunitas.

Kesimpulan:  Sektor kesehatan adalah bagian didalam sistem pertahanan negara sehingga perlu untuk ikut serta dalam kegiatan bela negara. 


References


Kemenhan RI. Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta : s.n., 2015.

PERANG, MILITER DAN MASYARAKAT: PEMERINTAHAN MILITER PADA MASA REVOLUSI DAN PENGARUHNYA PADA INDONESIA KINI. Sapto, Ari. 2013, Sejarah dan Budaya, Vol. Tahun ke 7 No. 1.

How do Indonesians remember Konfrontasi? Indonesia–Malaysia relations and the popular memory of “Confrontation” after the fall of Suharto. Budiawan. 3, 2017, Inter-Asia Cultural Studies, Vol. 18, pp. 364-375.

THE POLITICS OF HERITAGE, Indonesia-Malaysia cultural contestations. Clark, Masrshall. 121, 2013, Indonesia and The Malay World, Vol. 41.

Kemenkes. Kemenkes Pastikan Lokasi Observasi Aman. Kemkes.go.id. [Online] Februari 03, 2020. https://www.kemkes.go.id/article/view/20020300003/kemenkes-pastikan-lokasi-observasi-aman.html.

—. Banyaknya Ancaman Kesehatan, Tiap Negara Harus Siaga. kemkes.go.id. [Online] November 06, 2018. https://www.kemkes.go.id/article/view/18110600009/banyaknya-ancaman-kesehatan-tiap-negara-harus-siaga.html.

Keppres No. 28 Tahun 2006 Tentang Hari Bela Negara. Jakarta : s.n., 2006.

RI, Setjen Wantannas. Bela Negara : Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan Dan Manfaat Bela Negara. https://www.wantannas.go.id. [Online] Desember 19, 2018. https://www.wantannas.go.id/2018/10/19/bela-negara-pengertian-unsur-fungsi-tujuan-dan-manfaat-bela-negara/.

Kemhan. Permenhan RI Nomor Tahun 32 tahun 2016 Pedoman Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Jakarta : s.n., 2016.

Ditjen Pothan, Kemenhan RI. Permenhan No. 19 tahun 2019 Tentang Kebijakan Penyelenggaraan Pertahanan Negara Tahun 2015 - 2019. Jakarta : Kemenhan RI, 2015.

HEALTH ISSUES AS SECURITY ISSUES. Rokvić , Vanja and Jeftić, Zoran . 2015, Vojno delo.

Gronvall, Gigi Kwik, et al., et al. Global Health Security in South Asia. Washington DC : s.n., 2018.

Public Health And National Security: The Critical Role Of Increased Federal Support. Frist, Bill. 6, Health Affairs, Vol. 21.

WHO. NAPHS for ALL, A Country Implementation Guide for National Action Plan for Health Security (NAPHS). 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat SENSORIK :

Ruang Jurnal Lantai 2, Gedung Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran, UPN Veteran Jakarta, Indonesia.

Copyright © some right reserved Seminar Nasional Riset Kedokteran (SENSORIK).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.