Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit Dalam Di RSUD Kota Tangerang Tahun 2019
Abstract
Kualitas pelayanan suatu rumah sakit merupakan salah satu dari banyak hal yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien, dimana kualitas pelayanan memiliki 5 dimensi yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien antara lain ; bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Kualitas pelayanan kesehatan merajuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Semakin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional pada 66 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji chi square dan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini didapatkan adanya hubungan bukti langsung ( p-value = 0,001), kehandalan (p-value = 0,001), daya tanggap (p-value = 0,001), jaminan (p-value = 0,001), empati (0,001) terhadap kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam di RSUD Kota Tangerang, dan variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini adalah bukti langsung yang merupakan penampilan fisik dan kenyamanan dari tata ruang suatu rumah sakit dengan OR = 24,441 dengan CI 95% (1,563-382,122) Kesimpulannya, berdasarkan hasil penelitian ini RSUD Kota Tangerang perlu mempertahankan atau akan lebih baik lagi bila dilakukannya peningkatan terhadap kualitas pelayanan dengan dilakukannya pengembangan terhadap sarana bukti langsung, jasa pelayanan medis dan disediakannya kotak saran untuk menampung setiap keluhan pasien dan supaya dapat selalu mengukur kinerja dan agar selalu dapat meningkatkan kualitas pelayanan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Sekretariat SENSORIK :
Ruang Jurnal Lantai 2, Gedung Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran, UPN Veteran Jakarta, Indonesia.
Copyright © some right reserved Seminar Nasional Riset Kedokteran (SENSORIK).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.