Hubungan Status Gizi dan Kuantitas Tidur Terhadap Tingkat Kecerdasan Pada Anak Usia 9-11 Tahun di SDN 04 Bojongsari Depok

Safira Diva Audya, Nunuk Nugrohowati, Ria Maria Theresa, Taufiq Fredrik Pasiak

Abstract


Kecerdasan adalah kemampuan mengarahkan pikiran atau arah tindakan dalam menetapkan tujuan dan melakukan perubahan di lingkungan. Tingkat kecerdasan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal dan internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dan kuantitas tidur terhadap tingkat kecerdasan pada anak usia 9-11 tahun di SDN 04 Bojongsari, Depok. Penelitian ini merupakan analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 68 sampel. Pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling yang dihitung menurut tingkatan usia. Instrumen penelitian terdiri dari pengukuran status gizi berdasarkan klasifikasi kurva CDC 2000, kuesioner kuantitas tidur dari Sleep Timing Questionnaires (STQ), dan tes intelligence quotient (IQ) untuk pengukuran tingkat kecerdasan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Spearman-Rank dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) dengan didahului uji normalitas dan homogenitas data menggunakan aplikasi SPSS Statistics versi 26. Hasil analisis univariat didapatkan dominasi pada status gizi cukup sebanyak 23 anak (33,82%), kuantitas tidur cukup sebanyak 39 anak (57,35%), dan tingkat kecerdasan skala average sebanyak 38 anak (55,88%).Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara status gizi dan kuantitas tidur terhadap tingkat kecerdasan pada anak usia 9-11 tahun di SDN 04 Bojongsari, Depok dengan nilai p-value 0,208 dan 0,003. Analisis ini dilalui dari pengelompokkan data univariat berdasarkan usia dan jenis kelamin subjek penelitian untuk mengetahui sebaran status gizi, kuantitas tidur, dan tingkat kecerdasan pada variasi usia dan jenis kelamin tersebut. Alasan tidak ditemukannya hubungan adalah terdapat faktor peran yang lebih berarti bagi tingkat kecerdasan, seperti gen atau keturunan, serta lingkungan yang mencakup pengalaman, latihan, dan reward-punishment.

Full Text:

PDF

References


Watson, Fiona, et al. (2019). Kajian Sektor Kesehatan: Pembangunan Gizi di Indonesia. Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas.

Anggari, Jepi. 2021. Efek Kurang Gizi Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia 2-3 Tahun di Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/5376/1/SKRIPSI%20JEVI.pdf.

Hirshkowitz, Max., Whiton, Kaitlyn., Albert, Steven M., et al. 2015. National Sleep Foundation’s sleep time duration recommendations: methodology and results summary. Sleep Health, 1(1). 40-43. ISSN 2352-7218. https://doi.org/10.1016/j.sleh.2014.12.010.

Monk TH, Buysse DJ, Kennedy KS, Pods JM, DeGrazia JM, Miewald JM. Measuring sleep habits without using a diary: the sleep timing questionnaire. Sleep. 2003 Mar 15;26(2):208-12.

National Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion. (2000). Division of Nutrition, Physical Activity, and Obesity Division of Nutrition, Physical Activity, and Obesity Home. https://www.cdc.gov/nccdphp/dnpao/growthcharts/training/overview/page5_1.html#print.

Kakinami, L., O’Loughlin, E. K., Brunet, J., Dugas, E. N., Constantin, E., Sabiston, C. M., & O’Loughlin, J. (2017). Associations between physical activity and sedentary behavior with sleep quality and quantity in young adults. Sleep Health, 3(1), 56–61. https://doi.org/10.1016/J.SLEH.2016.11.001.

M. Akbar F. (2017). Deskripsi Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas X MAN 2 Purwokerto Ditinjau dari Kecerdasan Intelektual (IQ). 8.

Bulkis, A. (2022). Hubungan Status Gizi dengan Kecerdasan Intelektual pada Anak Sekolah Kelas 4-5 di SDN 219 Inpres Pannambungan.

Mahyiddin, Z., Al’abqary, R., Fajri, Z., Program, Boga, S. T., Pvkk, J., Keguruan, F., Ilmu, D., Unsyiah, P., Pendidikan, S., Fakultas, D., & Unsyiah, K. (2019). Korelasi Status Gizi Terhadap Tingkat Intelligence Quotient pada Anak di MIN Tungkop Aceh Besar.

Sumiaty, I. H. (2018). Pengaruh Status Gizi dengan Tingkat Kecerdasan pada Siswa/I Sekolah Dasar di Kota Makassar. 1, 73.

Dhea Faizia Tasya. (2021). Perbandingan Screen-time Berdasarkan Kuantitas dan Kualitas Tidur Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta pada Pandemi Corona Virus Disease-19. 26.

Akubuilo, U. C., Iloh, K. K., Onu, J. U., Iloh, O. N., Ubesie, A. C., & Ikefuna, A. N. (2020). Nutritional status of primary school children: Association with intelligence quotient and academic performance. Clinical Nutrition ESPEN, 40, 208–213. https://doi.org/10.1016/j.clnesp.2020.09.019.

Gusmao, T., Wiyono, J., & Maryah Ardiyani, V. (2018). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kecerdasan Emosional pada Lansia di Posyandu Lansia Permadi Tlogosuryo Malang. In Nursing News (Vol. 3, Issue 1).

Aminuddin, M. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim (Vol. 1, Issue 1).

Low, D. V., Wu, M. N., & Spira, A. P. (2019). Sleep Duration and Cognition in a Nationally Representative Sample of U.S. Older Adults. American Journal of Geriatric Psychiatry, 27(12), 1386–1396. https://doi.org/10.1016/j.jagp.2019.07.001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat SENSORIK :

Ruang Jurnal Lantai 2, Gedung Cipto Mangunkusumo, Fakultas Kedokteran, UPN Veteran Jakarta, Indonesia.

Copyright © some right reserved Seminar Nasional Riset Kedokteran (SENSORIK).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.