POLA KOMUNIKASI ORGANISASI SUPORTER SEPAKBOLA (STUDI FENOMENOLOGI SUPORTER SEPAKBOLA ARSENAL INDONESIA REGIONAL JAKARTA)
Sari
Dilatar belakangi oleh keinginan peneliti dalam mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi di sebuah komunitas suporter sepakbola atau fans club, yaitu Arsenal Indonesian Supporters Regional Jakarta atau yang sering disebut dengan AIS, penelitian ini membahas tentang pola komunikasi apa yang digunakan oleh AIS Regional Jakarta serta bagaimana AIS Regional Jakarta menerapkan komunikasi organisasi di dalam komunitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahh melalui metode wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil temuan yang didapat adalah AIS Regional Jakarta menggunakan pola komunikasi bintang dan menjalankan komunikasi organisasi dengan baik di dalam komunitas selain itu juga ada budaya organisasi yang mempengaruhi jalannya komunikasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Sumber Buku :
Arni, Muhammad. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Budi, Rayusdawati. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Makasar : Kretekupa Print.
Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
DeVito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia, Penerjemah Agus Maulana. (Edisi ke – 5). Pamulang : Karisma Publising Grup.
Effendy, Uchyana Onong. 2003. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.
Indrawati. 2018. Metode Penelitian Kualitatif : Manajemen dan Bisnis Konvergensi, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : PT. Refika.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT. Alfabeta.
Sumber Online :
https://www.ID-Arsenal.com (diakses pada 5 Oktober 2019)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.