Pemodelan Metode Fuzzy Sugeno Untuk Penentuan Jurusan SMA Pada Siswa SMP di SMP Bakti 17 Jakarta

Lidya Nur Prastika, Yuni Widiastiwi, Ati Zaidiah

Abstract


Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi kemampuan yang berbeda. Dalam pendidikan di sekolah, perbedaan masing-masing siswa harus diperhatikan karena dapat menentukan baik buruknya prestasi belajar siswa. Sekolah memegang peranan penting untuk dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki siswanya agar dapat terus berkembang hingga jenjang pendidikan akhir. Dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pemilihan jurusan bagi pelajar SMA dirasa cukup sulit dan siswa merasa kebingungan dalam memilih jurusan yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu sistem pemodelan yang dapat memberikan keputusan penentuan jurusan berdasarkan faktor nilai rapor, nilai psikotes, dan nilai sikap. Oleh karena itu, penulis ingin membuat sistem pemodelan yang menentukan jurusan di SMA menggunakan beberapa faktor penilaian pada siswa semasa SMP menggunakan Fuzzy Inference System (FIS) dengan metode Sugeno. Penelitian ini dilakukan agar siswa yang akan melanjutkan pendidikannya di tingkat SMA dapat memilih jurusan sesuai dengan program studi yang ditekuninya.


Keywords


Jurusan SMA, FIS, Metode Sugeno.

References


Klir, G., & Yuan, B. 2001. Fuzzy Set and Fuzzy Logic: Theory and Application. New Jersey: Prentice – Hall International Englewood Cliffs.

Kusumadewi, Sri. 2002. Analisis Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri, dan Purnomo, Hari. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susilo, Frans. SJ. 2003. Himpunan dan Logika Kabur Serta Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wang, Li Xin. 1997. A Course In Fuzzy System and Control International Edition. New Jersey: Prentice – Hall International Englewood Cliffs.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.