MULTIMEDIA 3D FLIPBOOK SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN DRAMA SECARA MANDIRI

Dimas Anugrah Adiyadmo

Abstract


Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan fungsi multimedia 3D Flipbook dalam menciptakan pembelajaran drama secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Respondennya adalah 36 orang mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket tertutup. Pilihan jawaban yang disediakan berupa pernyataan sangat layak, layak, cukup layak, kurang layak, dan tidak layak. Analisis data dilakukan dengan mempersentasekan jawaban responden. Selanjutnya, temuan penelitian dideskripsikan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia 3D Flipbook belum pernah digunakan dalam pembelajaran apapun. Responden bahkan belum ada yang mengenalnya. Ketika pembelajaran Drama disampaikan dengan multimedia 3D Flipbook, responden terlihat sangat antusias. Antusias responden ini diteliti untuk mengetahui apakah mereka bisa mandiri dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 36 orang responden, sebanyak 17 orang (47,22%) menyatakan multimedia 3D Flipbook sangat layak mendukung pembelajaran drama secara mandiri. Sebanyak 18 orang (50%) responden menyatakan layak mendukung pembelajaran drama secara mandiri, dan satu orang (2,78%) menyatakan cukup layak. Jadi, tidak ada yang menyatakan kurang layak dan tidak layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  multimedia 3D Flipbook dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran drama secara mandiri.

Keywords


3D Flipbook; pembelajaran drama; mandiri

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.