PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN TEKNOLOGI MOBILE BANKING DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN APO (STUDI KASUS BANK NEGARA INDONESIA)

Fanny Krisnawaty Br Samosir

Abstract


Teknologi Informasi saat ini telah menjadi salah satu media penunjang yang paling berperan penting bagi suatu instansi. Tata kelola IT, saat ini telah menjadi daya saing dalam perusahaan ataupun organisasi. Dengan mengoptimalkan tata kelola IT dengan baik memungkinkan organisasi atau perusahaan mendapatkan keuntungan dari pengimplementasian. Proses tata kelola IT dalam perbankan merupakan jawaban atas kebutuhan perusahaan akan jaminan terhadap pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekomomi, dan stabilitas nasional kearah peningkatan rakyat banyak. Dari sekian banyak teknologi informasi, mobile banking merupakan salah satu bukti nyata penerapan teknologi informasi yang dapat memberikan manfaat. Sejauh ini tata kelola di perbankan telah dilakukan secara optimal termasuk mobile banking Bank Negara Indonesia (BNI). Namun perlu dilakukan pengukuran tingkat kematangan teknologi terhadap mobile banking tersebut untuk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan teknologi terhadap mobile banking. COBIT 5 merupakan salah satu kerangka kerja untuk melakukan proses tata kelola teknologi informasi yang mampu membantu suatu perusahaan atau organisasi untuk mengelola, mengembangkan, dan mempertahankan asset yang dimilikinya. Pada penelitian ini, dilakukan pengukuran tingkat kematangan teknologi berdasarkan kerangka kerja COBIT 5 fokus domain Align, Plan, and Organise (APO) dengan studi kasus Mobile Banking (m-banking) Bank Negara Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuisioner.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.