Uji Validitas Indikator Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 5.0 pada Implementasi Sistem Informasi Pendataan Keluarga Carik Jakarta Studi Kasus: Kelurahan Cipedak

Muallimatus Sa'diyah

Abstract


Di era revolusi industri 4.0, teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi semua organisasi. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan serba bisa, mulai diarahkan menjadi enabler terhadap peningkatan kinerja suatu organisasi, termasuk organisasi pemerintah tingkat kelurahan. Untuk membangun dan memajukan wilayah dan warganya, kelurahan Cipedak bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) tingkat kelurahan. Strategi PKK dalam upaya menjangkau sebanyak mungkin keluarga, dilaksanakan melalui Kelompok Dasawisma, yaitu kelompok 10 – 20 Kepala Keluarga yang berdekatan. Untuk memudahkan dalam menjalankan tugasnya dibuatlah suatu sistem informasi pendataan keluarga berbasis mobile bernama Carik Jakarta.

Keywords


COBIT 5, Carik Jakarta, Uji Validitas

References


Andry, Johanes F., dan Christianto, Kevin. 2018. Audit menggunakan COBIT 4.1 Dan COBIT 5 Dengan Case Study. Yogyakarta: Teknosain.

ISACA. (2012). COBIT 5: A Business Framework for Governance & Management IT

ISACA. (2012). COBIT 5 Implementation.

Putri, R.E. 2016. Penilaian Kapabilitas Proses Tata Kelola TI Berdasarkan Proses DSS01 Pada Framework COBIT 5. Jurnal CoreIT, Vol2(1): 41-54.

Wardani, S., dan Puspitasari, M. 2014. Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT Dengan Model Maturity Level (Studi Kasus Fakultas ABC).Jurnal Teknologi, Vol 7(1): 38-46.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.