DESAIN APLIKASI PARIWISATA BERBASIS ANDROID UNTUK MONAS

Aulia Rahmat Ramadhani, Rizky Sandy Syabana, Ati Zaidiah

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat khususnya dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi membuat fungsi teknologi semakin beragam. Penggunaan teknologi informasi membawa pengaruh terhadap hampir semua aspek kehidupan. Dengan hadirnya teknologi, manusia semakin dimudahkan dalam melakukan sesuatu hal. Pada jurnal ini kami akan membahas perancangan teknologi berbasis android untuk aplikasi pariwisata pada monas yang bernama mourist (monas tourist). Tujuan dibuatnya aplikasi ini yaitu untuk menarik perhatian pengunjung monas supaya membaca sejarah yang pernah Indonesia alami yang terdapat pada diaroma yang ada di monas.

 

Sebelum kami merancang aplikasi mourist, sebelumnya kami sudah melakukan analisis terhadap masalah yang ada di monas. Dalam menganalisis masalah kami menggunakan metode CATWOE, analisis kebutuhan kami menggunakan metode wawancara untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan dalam aplikasi, analisis desain yang kami gunakan yaitu analisis GOMS (Goals, Operators, Methods and Selection).


Keywords


Pariwisata, Mourist, Monas, CATWOE, GOMS (Goals, Operators, Methods and Selection

References


B. Shneiderman, C. Plaisant.2010. Designing the User Interface. Addison Wesley. Longman, Inc.

Chandra, T. 2013. Evaluasi User Interface Desain Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perguruan Husni Thamrin Medan. Jurnal TIME , Vol. II No 2 : 1-6, 2013 ISSN : 2337 – 3601.

Galitz, O Wilbert. 2002. The Essential Guide to User Interface Design. John Wiley & Sons, Inc.

James, Jesse Garrett.2011. The Elements Of User Experience. Berkeley : New Riders.

Pangestu, Harijanto. 2012. “Penerapan Metode Goms untuk Evaluasi Perangkat Lunak Pemodelan Visual Berbasis Open Source” Dalam Jurnal sistem informasi. Volume 3. Nomor 1.

Santosa, Insap. 2006. Interaksi Manusia & Komputer. Yogyakarta : Andi.

Theresia, W, O.2014. “Perancangan User Interface Berbasis Web untuk Home Automation Gateway Berbasis IQRF” TR53B.JNTETI, Vol. 03, No. 0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.