ANALISIS DAN DESAIN APLIKASI MUSEUMACAN

Hasna Nabilah, Pangestu Smita Gusti, Az Zahra Aininda Resdiansyah

Abstract


Museum adalah lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Museum dikategorikan menjadi beraneka jenis antara lain museum benda budaya dan kesenian, museum sejarah dan perjuangan, dan museum ilmu pengetahuan dan teknologi. Berkembangnya teknologi informasi yang begitu pesat membuat kebutuhan manusia akan informasi teknologi yang cepat serta akurat. Dalam bidang pariwisata, informasi yang dibutuhkan dalam hal informasi tempat wisata baik dari segi lokasi, tiket, rute, dan daya tarik tempat wisata itu sendiri sangat dibutuhkan secara akurat. Kurang tersampainya informasi tentang museum macan kepada masyarakat yang menimbulkan keinginan penulis untuk mengembangkan sistem yang telah ada. Untuk meningkatkan minat masyarakat umum terhadap museum maka penulis membuat usulan aplikasi MUSEUMACAN serta untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai Museum MACAN. Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tahapan-tahapan perancangan aplikasi MUSEUMACAN ini, yaitu penentuan tema, CATWOE analysis, requirement analysis dan stakeholder analysis, desain storyboard dan mockup, analisis desain mengunakan GOMS, serta menarik kesimpulan. Untuk memenuhi kebutuhan user maka penelitian dilakukan dengan metode GOMS guna menentukan tujuan penggunaan sistem tiap user serta menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh user secara bertahap. Hasil akhir yaitu user dapat menggunakan aplikasi MUSEUMACAN dengan tampilan user-friendly­ dengan fitur yang tersebut.


Keywords


Museum, Museum MACAN, Stakeholder Analysis, CATWOE, GOMS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.