Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Senjata Militer Modern Menggunakan Marker Based Tracking

Muhammad Wildan Anandasyah, Budi Arifitama

Abstract


Teknologi sekarang ini sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Augmented Reality salah satu nya yang dapat di-manfaatkan dalam banyak bidang, salah satunya adalah media informasi. Pengenalan senjata militer modern menggunakan Augmented Reality adalah salah satu cara untuk memperkenalkan senjata militer kepada pemula yang ingin belajar mengenal bermacam – macam alat militer. Aplikasi ini juga mempermudah orang yang ingin mengetahui macam – macam model dari senjata militer tanpa harus pergi ke tempat dimana banyak nya senjata ini dipamerkan. Aplikasi ini nanti nya akan diaplikasikan dan dijalankan pada platform mobile android, dimana cara kerja dari aplikasi ini adalah menggunakan kamera smartphone yang akan mendeteksi marker (penanda) yang telah dibuat menggunakan sistem tracking. Setelah marker tersebut terbaca nantinya akan muncul model 3D dari senjata militer tersebut. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sebuah media yang dapat dimanfaatkan untuk mengenali senjata militer bagi para pemula yang tertarik di dunia militer.

Keywords


Augmented Reality, Senjata Militer, Marker Based Tracking, Android

References


F. S. SELVIA LORENA BR. GINTING, “APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BASED MARKER AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 15, no. 2, pp. 139–153, 2018.

S. Dwi and Y. Kusuma, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking,” pp. 33–38.

A. L. Muhammad Rifa’i, Tri Listyorini, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI KATALOG RUMAH BERBASIS ANDROID Muhammad,” Pros. SNATIF Ke-1, pp. 267–274, 2014.

B. Arifitama and A. Syahputra, “Mobile Augmented Reality Pengenalan Situs Sejarah Kawasan Banten Lama dengan Metode Marker Based Tracking,” JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa), vol. 3, no. 2, p. 255, 2018.

W. Transform, W. Transform, W. Transformation, and W. Transformation, “Klasifikasi Senjata API Melalui Suara Menggunakan Transformasi Wavelet,” TECHSI - J. Penelit. Tek. Inform., pp. 1–10, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.