MODEL BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK ES TEH JUMBO DI INDUSTRI MINUMAN
Abstract
Es teh jumbo yang dikenal dengan porsi besar dan harga terjangkau telah menjadi alternatif populer di pasar minuman. Namun, beberapa permasalahan seperti penurunan penjualan, persaingan ketat, dan tren minuman sehat memerlukan inovasi bisnis. Untuk menganalisis model bisnis ini, penelitian menggunakan Business Model Canvas (BMC) yang mencakup elemen-elemen penting seperti proposisi nilai, segmen pelanggan, dan struktur biaya. Penelitian ini juga menyertakan analisis SWOT yang menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki kekuatan dalam hal kemampuan menutup modal dan sedikitnya kompetitor awal, tetapi masih lemah dalam hal inovasi produk dan pemasaran digital. Hasil analisis SWOT menunjukkan posisi bisnis ini di kuadran strategi Turn Around, yang berarti diperlukan perubahan signifikan dalam strategi pemasaran dan pengembangan produk untuk mengoptimalkan peluang dan memperbaiki kelemahan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing es teh jumbo di pasar, menjangkau konsumen lebih luas, dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kusumawati, D., & Fuadi, F. (2024). Analisis keputusan pembelian melalui minat beli pada produk Es Teh Jumbo. Serat Acitya, 13(1), 22-37.
Febrianti, F., & Beni, S. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Bengkayang. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189-210.
Nisantika, R., & Maharani, N. L. P. E. S. (2021). Penyelesaian Sengketa Konsumen Oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Jurnal Locus Delicti, 2(1), 49-59.
Anggreani, T. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619-629.
Coyanda, J. R. (2020). Model technopreneur it mahasiswa pada masa pandemic covid 19 dengan metode business model canvas. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 11(1).
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97-112.
Afia, N., Firdaus, M., Asitah, N., Rosyidah, E., & Purnomo, A. (2022). Memahami Apa Makna Model Bisnis. OSF Preprints.
Hermawan, S. S. (2023). MEKANISME TRANSAKSI REAL TIME GROSS SETTLEMENT (RTGS) BERBASIS WEBFORM PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG GARUT (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Tinjauan Pustaka: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Bersaing. Jurnal Studi Manajemen dan Kewirausahaan (MSEJ) , 4 (1), 183-188.
Jailani, MS (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. COURTESY: Jurnal Pendidikan Islam , 1 (2), 1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.