Pembangunan Framework Web Automation Testing Menggunakan Serenity BDD pada Studi Kasus Aplikasi Supply Chain

Maria Magdalena Panjaitan

Abstract


Pengujian aplikasi merupakan elemen penting dalam menentukan kualitas suatu aplikasi. Pengujian aplikasi bermaksud untuk menguji setiap fungsionalitas maupun fitur yang ada pada aplikasi dan menemukan kemungkinan kesalahan yang terjadi pada aplikasi sedini mungkin. Pengujian umumnya dilakukan secara manual dengan dilakukan berulang-ulang terhadap area fungsionalitas untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut minim dari kesalahan/bug. Begitu juga halnya yang terjadi pada pengujian Aplikasi Supply Chain berbasis web yang dijadikan pada studi kasus ini.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah Framework Web Automation Testing menggunakan Serenity BDD yang dapat digunakan untuk membantu pengujian aplikasi pada studi kasus aplikasi Supply Chain. Framework ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menjamin kualitas produk aplikasi yang dibangun. Hal ini karena dengan adanya framework ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi atau menghilangkan pengujian berulang yang dilakukan secara manual sehingga mengurangi human error yang mungkin terjadi saat melakukan pengujian aplikasi.



Keywords


framework; web automation testing; serenity bdd; aplikasi supply chain

References


D. Triwibowo, R. Kridalukmana and K. T. Martono, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3 no. 2, April 2015.

A. Purnomo, Software Testing Aplikasi Website PT Gramedia Menggunakan Metode Blackbox pada PT WGS Bandung, 2013.

"Wikipedia. Manual Testing," [Online]. [Accessed 05 November 2018].

Baeldung, "Introduction to Serenity BDD," [Online]. [Accessed 15 November 2018].

[Online]. Available: http://desy.lecturer.pens.ac.id/Workshop%20Pengembangan%20Perangkat%20Lunak/4_Class%20Diagram.pdf. [Accessed 19 December 2019].

[Online]. Available: https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-java-pengertian-dan-cara-pembuatan-konstanta-bahasa-java/. [Accessed 21 December 2019].

[Online]. Available: http://eitbokwiki.org/Enterprise_IT_Maturity_Assessments. [Accessed 18 January 2020].

[Online]. Available: https://www.axelos.com/best-practice-solutions/itil/itil-maturity-model. [Accessed 18 January 2020].

[Online]. Available: http://karto-iskandar.blogspot.com/2010/07/pemanfaatan-cmm-capability-maturity.html. [Accessed 18 January 2020].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.