Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Travel Umrah di Jakarta Selatan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Berbasis Web

Dessya Wulandari Amaranggana

Abstract


Penelitian ini membahas tetang sistem pendukung keputusan untuk pemilihan travel umrah serta paket yang sudah tersedia dari beberapa travel umrah yang akan dijadikan penelitian. Masalah yang sering terjadi pada konsumen atau calon jamaah ini terjadi ketika mereka kesulitan untuk mencari travel umrah mana yang dibutuhkansesuai dengan budget yang mereka miliki. Penggunaan sistem pendukung keputusan diharapkan dapat membantu dalam proses pemilihan travel umrah serta paket travel umtah menjadi lebih mudah.dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) permasalahan pemilihan paket disederhanakan dalam sebuah struktur yang mudah dipahami dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria yang sudah dirangkum. Hasil yang akan didapatkan dengan adanya sistem pendukung keputusan ini adalah sebuah alternatif berdasarkan dari daftar harga travel termurah sampai termahal yang akan dipilih oleh konsumen atau calon jamaah sesuai dengan kebutuhan. Hasil penelitian berupa sistem pendukung keputusan pemilihan travel umrah dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dibuat dengan menggunakan MySql sebagai database.

Keywords


sistem pendukung keputusan, travel umroh, simple additive weighting, database

References


Irawati, Susan. 2008. Akuntansi Dasar 1&2. Pustaka. Jakarta.

Kusumadewi, S. et al. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Marimin. 2011. Teori dan Aplikasi Sistem Pakar dalam Teknologi Manajerial. IPB Press. Bogor.

Merlina, Anita Diana. 2015. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Paket Umroh dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Studi Kasus: PT Mahkota Bumi Barokah (Mahbuba Tour & Travel). Universitas Budi Luhur. Jakarta.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Turban, Efraim & Aronson, Jay E. 2011. Decision Support Systems and Intelligent Systems 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River. New Jersey.

Wibowo, Bagus Ari. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Pendukung Keputusanuntuk Jalan Menggunakan Metode ID3 (Studi Kasus BAPPEDA Kota Salatiga). Universitas Kristen Satya Wacana: Jawa Tengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.