Sistem Informasi Bank Sampah Berbasis Website Di Perumahan Kirana Cibitung RW 19

Amatullah Hidayati Rofi'ah, Rudhy Ho Purabaya

Abstract


Pengelolaan layanan sampah pada bank sampah perumahan Kirana Cibitung RW 19 dilakukan dengan manual, pengelolaan ini dilaksanakan oleh petugas dengan menggunakan media kertas untuk mencatat data bank sampah. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya data karena kehilangan kertas atau kesalahan manusia. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu menyelesaikan permasalahan  terkait  pekerjaan manajemen yang belum terkomputerisasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan SDLC (System Development Life Cycle) dengan metode waterfall. Waterfall dipilih karena memiliki alur penelitian  yang sistematis, jelas dan terstruktur. Pada tahap perancangan, penulis mendeskripsikan tools UML (Unified Modeling Language) berorientasi objek dengan memodelkan activity diagram, use case diagram, sequence diagram, dan class diagram dengan CodeIgniter dan MySQL sebagai databasenya. Metode pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah black box testing  yang bertujuan untuk mengetahui apakah website yang dibuat dapat digunakan dengan benar atau tidak. Berdasarkan  hasil pengujian black box didapatkan bahwa website yang dibuat berhasil berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi berbasis web yang digunakan membantu petugas bank sampah dalam mengelola dan memelihara Bank Sampah Perumahan Kirana Cibitung RW 19. Potensi hilangnya data pelanggan, hasil penjualan dan hasil pembuangan limbah dapat diatasi selama data tersebut disimpan. tepatnya di database.

Keywords


Sistem Informasi, Bank Sampah, Website

References


Wulandari, D., Utomo, S.H., & Narmaditya, B.S. (2017). Waste bank: Waste Management Model in Improving Local Economy.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Bekas. (2021). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 14 Tahun 2021.

Reza, F., & Busrini, H. (2018). Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web. UNIKOM.

Hermawan, P., Agus, L., & Sitti, S. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Diklat Berbasis Web. Diffusion Journal of System and Information Technology, 2(1), 31.

Cahyo, S. T., & Noviana, R. (2022). ODOL (One Desa One Produk Unggulan Online): Penerapan Metode Naive Bayes pada Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan CodeIgniter. Bandung: Informatics Engineering.

Hamid, K., et al. (2020). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada SMK Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(4), 160-020.

Achmad, S., Nunung, N., & Eka, S. N. (2021). Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan Berbasis Web Pada PT Global Indojaya Orion. AJSCR: Academic Journal Of Computer Science Research, 3(2), 16.

Yulianti, D. T., & Prastowo, A. T. (2021). Pengembangan Digitalisasi Perawatan Kesehatan Pada Klinik Pratama Sumber Mitra Bandar Lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2), 32-39.

Evan, I. J., Jaenudin, J., & Widhyaestoeti, D. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Bank Sampah Induk Berbasis Aparatur Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor. Informatika, 6(2), 11.

Rahmah, F. H. (2022). Aplikasi Bank Sampah Berkah Melimpah Berbasis Website Pada Kelurahan Nanggewer (Tugas Akhir, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.