Rancang Bangun Sistem Pembelajaran E-learning Berbasis Websites pada SPS TAAM AL-Muttaqin Depok

Ali Hakim Alfaroshi, Ati Zaidiah

Abstract


Penerapan sistem pembelajaran E-learning berbasis website dalam rangka upaya meningkatkan kualitas belajar di rumah, oleh karena itu diperlukan fasilitas pendukung, serta media untuk mengajar bagi para guru PAUD. Saat ini kegiatan belajar mengajar di SPS TAAM Al-Muttaqin Depok masih menggunakan sistem konvensional yang terkadang masih kurang efektif karena dalam hal ini adanya keterbatasan materi dan waktu yang hanya tersedia di jam belajar. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode waterfall karena dengan menggunakan metode ini alur pengerjaannya akan berjalan lebih baik karena pembuatan sistem yang dirancang sesuai urutan tahapan demi tahapannya. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat diambil kesimpulan bahwa sistem pembelajaran berbasis website dapat digunakan dan berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu dapat membantu orang tua siswa dalam menggunakan sistem pembelajaran sebagai media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar dirumah yang dengan mudah diakses selama memiliki koneksi internet dan dapat diakses dimana saja.

Keywords


Pembelajaran; Website; PAUD

References


Indrawan, I. P. Y., & Nugraha, P. G. S. C. (2020). Rancangan dan implementasi sistem e-learning berbasis web. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 367-374.

Palar, J. E., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan peran keluarga dalam menghindari dampak negatif penggunaan gadget pada anak dengan perilaku anak dalam penggunaan gadget di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(2).

Arifin, N. Y., & Prasetyo, E. (2021). Perancangan Sistem Web Semantik Database Dokumen QA. Engineering and Technology International Journal, 3(01), 46-54.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51-66.

Elgamar. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar Pemrograman Website Dengan Php. Ahlimedia Book.

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah.

Asmarajaya, I. K. A., Sanjaya, K. O., Putra, D. M. D. U., Mahendra, G. S., & Hasanah, F. N. U. (2021). Sistem Informasi Keuangan pada Perusahaan Kost Elit dengan Metode Waterfall. Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial, 9(2), 107-116.

Ramadhani, S. (2018). PIECES framework untuk analisa tingkat kepuasan pengguna dan kepentingan sistem informasi. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 4(2).

Puspaningrum, A. S., Susanto, E. R., & Neneng, N. (2021). Penerapan Dan Pelatihan e-Learning Pada SMA Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Tabikpun, 2(2), 91-100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.