Analisis Sentimen Pada Sosial Media Instagram Menggunakan Algoritma Naive Bayes (Studi Kasus : Timnas Futsal Indonesia)

Doli Ananda Efraim, Ermatita .

Abstract


Sosial media telah menjadi identitas baru bagi masyarakat Indonesia saat ini dan juga merupakan gaya hidup yang sulit dilupakan. Bahkan, banyak pengguna yang memiliki lebih dari satu akun sosial media. Salah satu platform sosial media yang populer adalah Instagram, yang dapat diakses melalui smartphone Android dan iOS, serta melalui situs web. Maka pada  penelitian ini sosial media instagram adalah media yang digunakan untuk pengumpulan data komentar yang akan digunakan pada penelitian ini. Kemudian data komentar yang sudah dikumpulkan tersebut diberi label positif dan negatif yang akan diberikan oleh 2 anotator. Setelah itu dilakukan praproses seperti pembersihan data, case folding, normalization, tokenization, stopword removal, dan stemming kemudian pembobotan kata dengan Term Frequency – Inverse Document Frequency. Hasil dari pelabelan data berjumlah 262 komentar positif dan 142 komentar negatif. Lalu data dibagi menjadi 80% data latih dan 20% data uji. Algoritma yang digunakan untuk melakukan klasifikasi adalah naive bayes. Masing – masing memiliki nilai akurasi sebesar 71%, presisi sebesar 84%, recall sebesar 69%.


Keywords


Analisis Sentimen, Postingan Timnas Futsal Indonesia, Naïve Bayes, Instagram

Full Text:

PDF

References


Yunitasari. (2021). Optimasi Backward Elimination untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritme k-Nearest Neighbor (k-NN) dan Naive Bayes.

Harfian. (2021). Klasifikasi Sentimen Aplikasi Dompet Digital Dana Pada Komentar Di Instagram Menggunakan Naive Bayes Classifier.

Bagas Guseza Antito. (2022). Analisis Sentimen Klub Sepakbola Persija Jakarta Pada Sosial Media Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Arjuna, R., M. (2021). Analisis Sentimen Terhadap Layanan Provider Telkomsel Pada Jejaring Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine. Retrieved from repository.upnvj: https://repository.upnvj.ac.id/11199/

Hadna, N., M., S., Santosa, P., I., & Winarno, W., W. (2016). Studi Literatur Tentang Perbandingan Metode Untuk Proses Analisis Sentimen di Twitter. Yogyakarta: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016).

Rizwan. (2022). Analisa Sentimen Terhadap Program Kartu Prakerja Pada Instagram Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier.

Mahawardana. (2022). Analisis Sentimen Berdasarkan Opini dari Media Sosial Twitter terhadap "Figure pemimpin" Menggunakan Python.

Pandunata. (2022). Analisis Sentimen Opini Publik Terhadap Pekan Olahraga Nasional Pada Instagram Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier.

Samsir. (2021). Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Pada Twitter di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Naive Bayes.

Ratnawati, F. (2018). Implementasi Naïve Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter. Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika. Vol. 3, No. 1.

Widayani, W., & Harliana. (2021). Perbandingan Kernel Support Vector Machine Dalam Melakukan Klasifikasi Penundaan Biaya Kuliah Mahasiswa. Jurnal Sains dan Informatika. Vol. 7, No. 1.

Diasrina Dahri., Fahrul Agus., Dyna Marisa Khairina. (2016). Metode Naive Bayes Untuk Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Mulawarman. Vol. 11, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.