Implementasi Teknologi DataSnap Server Dalam Pembangunan Aplikasi Pelaporan Pelanggaran Perda Nomor 13 Tahun 2016 Di Kabupaten Sukabumi Berbasis Android dan Location Based Service (LBS)

Dedi Supardi

Abstract


Lemahnya sanksi dan pengawasan instansi terkait (Disperkemsih Kabupaten Sukabumi) terhadap Peraturan Derah (Perda) Nomor 13 Tahun 2016 menimbulkan banyak masalah diantaranya adalah pembuangan sampah secara liar oleh oknum masyarakat dialiran sungai atau dipemukiman warga. Jika hal ini dibiarkan terus menerus akan menimbulkan masalah yang lebih besar seperti pencemaran air sungai dan bahaya banjir yang membahayakan kehidupan warga sekitarnya.Sejauh ini pengawasan dilakukan dengan tidak efektif dan efisien karena dilakukan dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT).. Pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya teknologi mobile (smartphone) sebaiknya dapat dimanfaatkan oleh instansi terkait dan masyarakat untuk keperluan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan perda tersebut sehingga kedua kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah aplikasi pelaporan berbasis Android dan LBS yang dapat digunakan oleh masyarakat (pelapor) dan instansi terkait agar setiap pelanggaran terhadap perda tersebut dapat dimonev dengan baik. Penelitian dilakukan dengan metode Action Research dan pengembangan aplikasi menggunakan Waterfall sedangkan teknologi yang digunakan untuk menghubungkan aplikasi Client dengan Server menggunakan Datasnap Server. Luaran penelitian adalah sebuah aplikasi pelaporan berbasis Android yang dapat digunakan untuk melaporkan setiap pelanggaran perda yang ditemui pelapor melalui perangkat  bergerak Android dan menyimpannya dalam database server untuk dimonitor dan dievaluasi oleh petugas dari instansi terkait

Keywords


Pelaporan, Perda, Sampah, Android, Location Based Service (LBS)

References


Jumardi, Andi., dan Solichin, Achmad., 2016. “Prototipe Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android dan Web Service”. Jurnal Telematika MKom, Vol.8, No.1, Maret

Jumardi, Rio., 2018. “Purwarupa Aplikasi Mobile Monitoring Laporan Pengaduan Sampah”, Jurnal JURTI, Vol.2, No.2, Desember, ISSN: 2579-8790.

Rio Choiri, Eifel, dan Beny, dan Nugroho, Agus, 2015. “Perancangan Aplikasi Informasi Tempat Pembuangan Sampah Terdekat di Kota Jambi Berbasis Android (Studi Kasus Dinas Kebersihan Kota Jambi)”, Jurnal Ilmiah Media Processor, Vol.10, No.2, Oktober, ISSN: 1907-6738.

Mauliya Sukmasari, Agustin., 2017. “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Go-Sampah Berbasis Android dan Web”, Skripsi, UNS.

Yoga Pratama, Arsya, dan Rahmah, Yusiana, dan Normassari, Alifah., 2018. “Jasa Pengangkut Sampah Berbasis Android di Kabupaten Kudus”, Jurnal Simetris, Vol.9 No.1, April, ISSN:2252-4983.

Setiawan, Fajar, 2010. “Aplikasi Penginderaan jarak Jauh dan GIS untuk Penentuan Lokasi TPA Sampah di Kota Surabaya”, SNASTI, ISSN: 1907-5022.

Mizwar, Andy., 2012. “Penentuan Lokasi Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah Kota Banjarbaru Menggunakan Sistem Informasi Geografis”, Researchgate

Mardani, Ari., 2014. “Sistem Informasi Geografis Pelaporan Masyarakat (SIGMA) Berbasis Foto Geotag”, JUSTIN

Mc Taggart, R., 1991. “Action Research: A Short Modern History”, Geelong Deaking University.

S. Ppressman, Roger, 2010. “Software Engineering – A Practitioner’s Approach 7th edition”, Mc Graw Hill.

Embarcadero, Datasnap Overview and Architecture. Tersedia di

[Diakses 22 Januari 2019].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.