ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN ANGKA KREDIT AUDITOR (STUDI KASUS: BADAN PUSAT STATISTIK RI)

Sultan Muhammad Fatih

Abstract


Jabatan Fungsional Auditor (JFA) adalah orang yang bertugas melakukan kegiatan pengawasan pada instansi pemerintah. Kegiatan pengawasan tersebut memiliki angka kredit yang merupakan suatu penilaian prestasi sebagai salah satu syarat untuk kenaikan jabatan. Namun pada Badan Pusat Statistik pelaporan kegiatan Auditor masih memiliki kekurangan seperti pada kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dan juga pada terdapat kekurangan dalam pembuatan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit. Pada penelitian ini, penulis akan menganalisis sistem lama dengan melihat dari kelayakan TELOS. Penulis juga akan merancang sistem baru dengan menggunakan metode waterfall. Sistem baru yang akan dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan JavaScript yang digabungkan dengan bahasa markup yaitu HTML dan diperindah dengan bahasa style sheet yaitu CSS. Aplikasi berbasis web tersebut dirancang dengan menggunakan framework CodeIgniter. Sistem baru ini akan menghasilkan sistem yang dapat mempermudah pengarsipan kegiatan dan juga mempermudah pembuatan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) para auditor.

Keywords


Penilaian Angka Kredit; Kelayakan TELOS; Waterfall; PHP

References


Romney, Marshall B. dan Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 13. Alih Bahasa: Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari. Jakarta: Salemba Empat.

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Terpusat. http://pusbinjfa.bpkp.go.id/halaman/14-PENILAIAN-DAN-PENETAPAN-ANGKA-KREDIT-TERPUSAT diakses pada tanggal 23 November 2018 Pukul 21.13.

Subhan, Mohamad. 2012. Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.