ANALISIS USER EXPERIENCE DAN REDESIGN USER INTERFACE WEBSITE LEMBAGA BANTUAN HUKUM JAKARTA DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION.

Fauzan Ahmat Rahmawan, Erly Krisnanik

Abstract


Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta merupakan sebuah lembaga yang pada mulanya dibentuk untuk memberikan bantuan hukum bagi orang-orang yang tidak mampu agar dapat memperjuangkan hak-hak mereka. Website menjadi salah satu media yang digunakan oleh LBH Jakarta untuk menyebarkan informasi terkait permasalahan yang sedang dikawal hingga untuk memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan bantuan LBH Jakarta atau bahkan ingin memberikan donasi untuk membantu perjuangan LBH Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap user experience serta membuat ulang tampilan user Interface yang mampu memenuhi tingkat usability dari website LBH Jakarta dengan menggunakan kerangkan User centered design (UCD). Penerapan metode UCD dilakukan dengan melaksanakan kuisioner dan prototyping dengan teknik Heuristic Evaluation. Melalui penelitian ini, peneliti berhasil mengurangi jumlah temuan permasalahan user interface. Pada awal penelitian terdapat 55 isu yang dotemukam menggunakan metode heuristic evalution. Namun pada akhir penelitian jumlah su berkurang menjadi 6 permasalahan. Oleh karena itu hasil redesign yang dilakukan berhasil mengurangi temuan permasalahan Heuristic evaluation yang ditemukan pada sistem berjalan.

Keywords


Antarmuka, Heuristic Evaluation, LBH Jakarta, Prototyping, Severity Rating, User Centered Design

References


Zaki, B. M., Ahmad Faizal, F., Nur Muhammad, S., Studi Desain Komunikasi Visual, P., Tinggi Teknologi Bandung, S., Soekarno-Hatta No, J., Lega, K., Kidul, B., Bandung, K., & Barat, J. (2019). PERANCANGAN USER INTERFACE UNTUK APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA MENGAJARKAN SALAT UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN. Rupa, Eksperimental Dan Inovatif, 01. www.minanews.net/muhasabah

Siti, R., Fasabuma, N. P., Tolle, H., & Wijoyo, S. H. (2020). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE) (Vol. 4, Issue 4). http://j-ptiik.ub.ac.id

Yoraeni, A., Rukiastiandari, S., Studi Sistem Informatika, P., & Nusa Mandiri Jakarta, S. (2020). ANALISA USABILITY APLIKASI METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA RANCANG BANGUN SISTEM PENDAFTARAN PASIEN SECARA ONLINE.Muzhiroh. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat). 35. http://repository.stei.ac.id/1537/

Dimas, R., Kurniawan, B., Hadi Wijoyo, S., & Wardani, N. H. (2019). Evaluasi Usability Aplikasi MY JNE Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation (Vol. 3, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id

Dalimunthe, N., Nazari, F., Purba, K., & Adawiyah, A. (2019). EVALUASI WEBSITE PEMKO PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 5(2), 245–250. www.pekanbaru.go.id

Anggitama, D. R. (2018). EVALUASI DAN PERANCANGAN USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN DAN HEURISTIC EVALUATION PADA APLIKASI EZYPAY.

Rifqi Maula, A. (2018). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN NILAI SISWA MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN (Studi Pada SMP Negeri 1 Gondanglegi).Akbar, R. N. (2017). Perancangan Dan Analisa User Interface Website Abelima Menggunakan Computer System Usability Questionnaire (CSUQ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.