ANALISIS USER EXPERIENCE DAN REDESIGN USER INTERFACE WEBSITE BTA GROUP DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Ahmad Ibnu Islami, Erly Krisnanik

Abstract


BTA Group merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dalam ranah pendidikan, hal ini dikarenakan BTA Group merupakan sebuah tempat bimbingan belajar yang berfungsi dalam membantu siswa/siswi sekolah menengah pertama ataupun menengah atas untuk memahami lebih dalam materi pembelajaran yang telah dipelajari saat di sekolah. Pembelajaran yang dilakukan oleh BTA Group tentu menggunakan berbagai media dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran. Salah satu media yang digunakan BTA Group adalah website yang beralamat di www.btagroup.co.id  , website ini tentunya memiliki beragam fungsi yang bermanfaat bagi siswa/siswi yang melaksanakan pembelajaran, karena pada laman ini menyediakan bermacam-macam fitur pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa/siswi dalam melakukan pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa website BTA Group ini menjadi sangat penting bagi proses pembelajaran dan juga proses bisnis yang ada pada BTA Group. Maka dari itu, dibutuhkannya sebuah pengembangan pada website demi meningkatkan performa dari website BTA Group. Dalam pelaksanannya nantinya, penelitian ini akan didukung dengan suatu hasil penilaian dari usability website menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) agar nantinya dalam mencapai tujuan memaksimalkan performa (experience) dan interface yang menarik akan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan user. Selain itu, nantinya penelitian ini akan menggunakan sebuah kerangka kerja design thinking agar segala prosesnya dapat berjalan secara sistematis. Hasil yang akan diberikan dari penelitian ini adalah memberikan sebuah interfave yang baru dan juga prototype yang nantinya dapat berfungsi sebagai saran dalam pengembangan website BTA Group.


Keywords


BTA Group, Website, Interface, Experience, Design Thinking, User Experience Questionnaire, Prototype

References


R. Setyono and Adelia, “Implementasi Teori Ron Weber mengenai User Interface dan Input Website Penerimaan Mahasiswa baru,” Strategi, vol. 2, no. 2, pp. 443–455, 2020.

S. Prasetyaningsih and W. P. Ramadhani, “Analisa User Experience pada TFME Interactive Learning Media Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Integrasi, vol. 13, no. 2, pp. 147–157, 2021, doi: 10.30871/ji.v13i2.3180.

Isnaini S & Bagus Riski, “Aplikasi E-Vote Pemilihan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Amik Dian Cipta Cendikia Bandar Lampung Berbasis Web,” Jurnal ONESISMIK, vol. 2, no. 2, pp. 27–36, 2019.

M. L. Baskoro and B. N. Haq, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Mata Kuliah Desain Pengembangan Produk Pangan,” Jurnal IKRA-ITH Humaniora, vol. 4, no. 2, pp. 83–93, 2020.

A. Maharani, B. Intan, and A. T. Susilo, “Analisis User Experience Pada Website Smk Negeri Tugumulyo Berbasis User Experience Questionaire (Ueq,” JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), vol. 6, no. 2, pp. 169–177, 2021, doi: 10.32767/jusim.v6i2.1479.

B. R. Rudloff, “Design thinking para reflexionar e innovar en equipos de educación superior: experiencia de un proyecto de intervención para la generación de condiciones para el …,” 2021, [Online]. Available: https://repositorio.uc.cl/xmlui/handle/11534/61485


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.