Sistem Informasi Absensi Berbasis Website Pada PT Marga Sejahtera Bersamatama

Amalia - Rosdiana

Abstract


Absensi merupakan suatu kegiatan yang digunakan untuk mengukur tingkat kedisiplinan seseorang dalam suatu organisasi atau perusahaan. Saat ini, beberapa perusahaan mulai menerapkan sistem kerja dari rumah dikarenakan pandemi virus covid-19 yang terus meningkat. Akibat hal tersebut, kegiatan absensi yang mulanya dilakukan secara manual dikantor, kini harus diganti agar karyawan tetap dapat melakukan absensi saat bekerja dari rumah. Sehingga, dibuatlah pengganti sementara yaitu google form, namun penggunaan google form juga masih kurang efektif karena datanya bisa diisi oleh siapapun. Maka, dilakukan penelitian untuk membuat sistem informasi absensi berbasis website menggunakan GPS (Global Positioning System) sebagai pengganti metode absensi google form. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai acuan sistem yang akan dibuat. Hasil dari penelitian ini berupa sistem berbasis website yang dapat digunakan oleh karyawan untuk melakukan kegiatan absensi serta memberikan kemudahan pada tim (Human Resource) HR untuk melakukan rekap laporan absensi karyawan.

Keywords


Absensi, Karyawan, Website, Perusahaan, dan Waterfall.

References


Suanda. 2019. Sistem Informasi Berbasis Pegawai Berbasis Web Pada Kantor Kelurahan Sako Palembang.

Santoso, S., & Nurmalina, R. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas

Asmara, J. 2019. Rancangan Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala).

Madhar. 2018. Rancang Bangun Sistem Monitoring Deteksi Dini Kebakaran Dengan Fitur GPS Berbasis

Website.

Harjoseputro, Y., Albertus Ari Kristanto, & Joseph Eric Samodra. 2020. Golang and NSG Implementation in REST API Based Third-Party Sandbox System.

Apriliah, W., Subekti, N., & Haryati, T. 2021. Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pt. Chiyoda Integre Indonesia Karawang.

Josi, A. (2017). Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang).

Harumy, T.H.F., Julham Sitorus, M. L. 2018. Sistem Informasi Absensi Pada Pt . Cospar Sentosa Jaya Menggunakan Bahasa Pemprograman Java.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.