Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Furniture pada Fellanova Furniture Berbasis Web

Zafira Khairani, Muhammad Tri Habibie, Rio Wirawan, Widya Khafa Nofa

Abstract


Penggunaan internet sebagai media penjualan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam kegiatan jual beli suatu perusahaan. Perusahaan yang belum menerapkan proses penjualan secara daring seringkali menemukan kesulitan dan permasalahan.  Tidak tersedianya platform penjualan secara online membuat proses bisnis menjadi kurang sistematis. Fellanova Furniture masih menggunakan sistem manual dalam proses penjualannya. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dirancang Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web pada Fellanova Furniture. Sistem Informasi ini mencakup pengolahan data master, pemesanan barang, pemeriksaan status pemesanan barang, dan juga transaksi online yang dapat dilakukan oleh pembeli sehingga nantinya dapat memudahkan proses transaksi antara pemilik usaha dan pembeli. Perancangan sistem informasi penjualan ini menggunakan metode waterfall, bahasa pemrograman PHP serta framework Laravel dan MYSQL untuk keperluan database dalam pengerjaannya. Dengan dirancangnya sistem informasi penjualan ini, diharapkan dapat membantu pihak Fellanova Furniture dalam mengelola proses bisnis di dalam perusahaan menjadi lebih efektif.


Keywords


Sistem Informasi Penjualan;e-commerce;PHP;metode waterfall

References


Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. Statistik E-commerce

Girsang, M. (2015), Meubelpreneur. Grasindo.

Heru, P., & Sumbaryadi Achmad, S. (2018). E-Crm Berbasis Web Pada Sistem Informasi Penjualan Funiture.

Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Deepublish.

M Teguh Prihandoyo. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.

R. S. Pressman and B. R. Maxim (2015) Software Engineering, A Practitioner's. Approach Eighth Edition, New York: McGraw-Hill Education.

Winarno, E., Zaki, A., dan Smitdev Community. (2013). Pemrograman PHP. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.