Sistem Informasi Monitoring Proyek Tower Telekomunikasi Pada PT. Adyawinsa Telecommunication & Electrical

Aji Suryana, Ati Zaidiah, Tri Rahayu

Abstract


Kegiatan monitoring berperan penting dalam keberlangsungan proyek untuk memastikan proyek berjalan sesuai dengan ketentuan dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Monitoring juga membantu mempermudah kepala proyek untuk mengontrol dan mengawasi proyek yang sedang berjalan. Kegiatan monitoring saat ini dilakukan secara manual dengan menghubungi setiap surveyor satu persatu sehingga tidak cukup efektif. Informasi tentang proyek juga terhambat diberikan kepada admin untuk dikelola menjadi laporan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan informasi terkait proyek yang lebih efektif, dan efisien dibutuhkan sebuah sistem informasi monitoring untuk mendapatkan informasi terkait perkembangan proyek yang sedang berjalan. Dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak System Development Life Cycle model Waterfall serta untuk memvisualisasikan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sistem informasi monitoring proyek tower telekomunikasi pada PT. Adyawinsa Telecommunication & Electrical untuk memudahkan pengelolaan data proyek dari hasil monitoring setiap proyek.

References


Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Mertayasa, D. M., & Yambese, A. R. (2017). Sistem Informasi Pariwisata Pantai Berbasis Web Pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banggai Kepulauan. Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 1–13.

Yunaeti, A. (2017) Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Witarto. (2004). Memahami Sistem Monitoring: Pendekatan Praktis Rekayasa Sistem Monitoring Melalui Kasus-Kasus Sistem Monitoring Di Sekitar Kita. Bandung: Informatika.

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Software pada tahap Development Berbasi Web. Jurnal Informatika, Vol.III No.1.

Raymond McLeod, Jr, (2010), Management Information System, Prentice Hall.

Pressman, Roger S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi ke 7. Diterjemahkan oleh: Adi Nugroho. Yogyakarta: Andi.

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30.

Asyikin, Arifin Noor. (2019). Pemrograman Web. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.