PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE PADA DATA IKLAN GOOGLE ADWORDS BERDASARKAN POLA PENAYANGAN IKLAN (STUDI KASUS: OKEWEB INDONESIA)

Yuli Febyola, Ati Zaidiah, Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract


Iklan menjadi bentuk perkembangan teknologi informasi yang dimanfaatkan perusahaan dalam mempromosikan produk penjualan. Iklan Google AdWords merupakan salah satu wadah baru untuk memberikan informasi dan memiliki sifat persuasif untuk menarik minat pelanggan, serta dapat mengoptimalkan para pebisnis untuk mengenalkan produknya dengan cakupan yang luas. Dalam hal ini, dilakukan penelitian untuk menemukan aturan baru pada data iklan Google AdWords menggunakan teknik data mining algoritma apriori. Penelitian ini memiliki manfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan strategi marketing terhadap penayangan iklan Google AdWords berdasarkan rules yang terbentuk. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari Oke Web Indonesia, dengan objek penelitian produk iklan mobil. Penelitian ini menggunakan nilai parameter minimum support sebesar 30% dan nilai minimum confidence sebesar 50% yang diterapkan terhadap data 11 merek mobil. Hasil perhitungan algoritma apriori pada penelitian ini menghasilkan rules pada produk iklan mobil yang paling banyak diminati pelanggan ialah Honda, Wuling, Hino, dan KIA.

Keywords


iklan; association rules; algoritma apriori

References


Adani, Muhammad Robith. 2021. Sekawan Media. Mengenal Konsep Data Mining [Online]. Available at: https://www.sekawanmedia.co.id/data-mining/. [Diakses 17 September 2021].

Jaiz, M. (2021). Buku Dasar-Dasar Periklanan Edisi 2.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta : Erlangga.

Han, J, Kamber, M, & Pei, J. 2012. Data Mining: Concept and Techniques, Third Edition. Waltham: Morgan Kaufmann Publishers.

Syahrir, M., & Fatimatuzzahra, F. (2020). Association Rule Integrasi Pendekatan Metode Custom Hashing dan Data Partitioning untuk Mempercepat Proses Pencarian Frekuensi Item-set pada Algoritma Apriori. Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 149-158.

Miniwatts Marketing Group. 2021. Internet World Stats. Usage and Population Statistics [Online]. Available at: https://internetworldstats.com/stats.htm. [Diakses 14 September 2021].

SAB Digital Marketing Agency. 2021. Google Ads. Pengertian Google Ads dan Kegunaannya [Online]. Available at: https://www.sab.id/blog/pengertian-google-ads-dan-kegunaannya/. [Diakses 15 September 2021].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.