Sistem Informasi Persediaan Obat Pada Puskesmas Serpong 2 Berbasis Web

Rahmat Pangestu Widodo, Iin Ernawati

Abstract


Puskesmas Serpong 2 merupakan fasilitas kesehatan masyarakat yang berada di Kota Tangerang Selatan. Puskesmas ini memiliki bagian yang ditugaskan mengelola dan memanajemen data obat, yaitu bagian kefarmasian. Permasalahan yang sering dihadapi seperti banyak data persediaan, resep, pemakaian, dan penerimaan obat yang tercecer, dokumen pendataan obat tidak pernah dicadangkan secara online sehingga rentan terkena malware, dalam pembuatan laporan permintaan obat masih menggunakan metode konvensional. Fokus penelitian ini akan dibangun sistem yang mampu mengelola dan memanajemen data obat sehingga petugas bisa membuat, mencari, memperbaharui, menghapus, dan mencetak data di Sistem informasi persediaan obat. Penelitian ini mengimplentasikan pengembangan sistem model waterfall dan PIECES sebagai metode untuk menganalisis sistem. Sistem ini dirancang menggunakan UML sebagai metode pemodelan visual sistem, PHP dan Codeigniter sebagai bahasa pemrograman dan framework yang digunakan serta MySQL sebagai basis data. Sistem informasi persediaan obat ini bisa membantu dalam mengelola data obat supaya pekerjaan petugas menjadi lebih efisien dan efektif.

Keywords


Puskesmas, Persediaan Obat, Sistem Informasi, CodeIgniter.

References


Anwardi et al. (2020) ‘Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall’, Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 7(1), p. 57.

Nurhadi, S. (2019) Sistem Basis Data: Mysql di Ubuntu. Jakarta: Yayasan Manajemen dan Teknologi Nasional.

Raharjo, B. (2015) Belajar Otodidak Framework Codeigniter : Teknik Pemrograman Web dengan PHP dan Framework CodeIgniter 3. Bandung: Informatika. Available at: https://opac.atmaluhur.ac.id/opac/detail-opac?id=2988.

Widiyanto, W. W. (2018) ‘Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad)’, Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta ISSN, 4(1), pp. 34–40. Available at: http://www.informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/34.

Rahardjo, A., 2018. Apa itu UML?. [online] Medium. Available at: [Accessed 23 June 2022].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.