Deteksi Dini Penyakit Kanker Paru dengan Gabungan Algoritma Adaboost dan Random Forest

Roy Binsar Sinaga, Didit Widiyanto, Bambang Tri Wahyono

Abstract


Di Indonesia, kanker paru adalah kanker paling banyak diidap pria dan paling banyak kelima pada wanita di antara kanker lainnya. Serangkaian tes diagnostik yang kompleks dan memakan waktu dilakukan untuk mendiagnosis seseorang menderita kanker paru-paru atau tidak. Oleh karena itu, dilakukan pengujian menggunakan gabungan Adaboost dan Random Forest untuk deteksi dini kanker paru berdasarkan seperangkat parameter yang berhubungan dengan kanker paru. Penelitian ini memanfaatkan data sekunder dari website kaggle.com. Data berjumlah 309 set data dimana ada 10 fitur dan 1 kelas yang selanjutnya dilakukan praproses. Kemudian dibentuk dua model Random Forest dan model Adaboost yang menjadikan Random Forest sebagai pembelajar yang lemah. Sesudah model terbentuk, maka dilanjutkan proses pengujian menggunakan data uji. Dari performa yang dihasilkan dapat disimpulkan bahwa kombinasi Adaboost dan Random Forest mencapai accuracy, precision, recall, dan specificity yang lebih tinggi dari penerapan Random Forest tanpa Adaboost yaitu nilainya masing-masing 95,40%, 96%, 96,30% dan 96%.

Keywords


Kanker Paru;Random Forest;Adaboost

References


Indonesia, K. K. R., Indonesia, P. D. S. O. R., Indonesia, I. A. P. A., Fisik, P. D. S. K., & Indonesia, R. (2016). Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Kanker Paru. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 1-3.

Thongkam, J., Xu, G., & Zhang, Y. (2008, June). AdaBoost algorithm with random forests for predicting breast cancer survivability. In 2008 IEEE International Joint Conference on Neural Networks (IEEE World Congress on Computational Intelligence) (pp. 3062-3069). IEEE.

Byna, A., & Basit, M. (2020). Penerapan Metode Adaboost Untuk Mengoptimasi Prediksi Penyakit Stroke Dengan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 9(3), 407-411.

Puskesmaskutautara. 2016. “Kanker Paru”, https://dikes.badungkab.go.id/puskesmaskutautara/artikel/read/127/KANKER-PARU-PARU.html, diakses pada 19 November 2021.

Bakti, I. S., & Ivandari, I. (2019). MODEL PREDIKSI PENYAKIT DIABETES MENGGUNAKAN BAYESIAN CLASSIFICATION DAN INFORMATION GAIN UNTUK SELEKSI FITUR DAN ADAPTIVE BOOSTING UNTUK PEMBOBOTAN DATA. IC-Tech, 14(1).

Gan, J. Y., Cao, X. H., & Zeng, J. Y. (2010, October). Combining heritance adaboost and random forests for face detection. In IEEE 10th INTERNATIONAL CONFERENCE ON SIGNAL PROCESSING PROCEEDINGS (pp. 666-669). IEEE.

Qalbi Fajar Islami, A. (2020). Implementasi Algoritma Random Forest Menggunakan TF-IDF untuk Analisis Sentimen dengan Penerapan Transfer Learning (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Amiarrahman, M. R., & Handhika, T. (2018). Analisis dan implementasi algoritma klasifikasi Random Forest dalam pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 2, No. 1, pp. 083-088).

Sofyan, S., & Prasetyo, A. (2021, November). Penerapan Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) Terhadap Data Tidak Seimbang Pada Tingkat Pendapatan Pekerja Informal Di Provinsi DI Yogyakarta Tahun 2019. In Seminar Nasional Official Statistics (Vol. 2021, No. 1, pp. 868-877).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.