Analisis Keamanan Website LEADS UPNVJ Terhadap Serangan SQL Injection & Sniffing Attack

Dimas Perdana Putranto, Jayanta Jayanta, Bayu Hananto

Abstract


LEADS UPNVJ adalah sistem yang dirancang untuk keperluan pembelajaran elektronik bagi mahasiswa, yang dapat diakses secara online menggunakan Website. Pada website LEADS UPNVJ terdapat data yang penting dan harus dijaga keamanannya karena terdapat informasi-informasi yang bersifat privasi. Jenis-jenis serangan yang sering digunakan untuk menyerang sebuah website adalah SQL injection & Sniffing Attack. SQL injection adalah sebuah serangan injeksi SQL yang dapat menimbulkan ancaman keamanan serius terhadap sebuah website, yang mana SQL injection mengizinkan penyerangnya untuk mendapatkan akses ke database sebuah website yang dapat menyebabkan kebocoran data yang membuat hilangnya kerahasiaan data terutama untuk informasi yang bersifat sensitif. Sniffing Attack adalah penyadapan dan pencurian data dengan cara menangkap dan memonitor lalu lintas paket data jaringan internet. Yang bertujuan untuk memperoleh data dan informasi yang bersifat sensitif. Oleh karena itu melalui penelitian ini, diharapkan dapat diperoleh analisis yang baik untuk mengukur tingkat keamanan dari website LEADS UPNVJ. Sehingga jika terdapat kelemahan pada website akan dianalisa dan diperoleh solusi untuk menciptakan keamanan website yang lebih kuat.

Keywords


LEADS UPNVJ; website; serangan; keamanan; SQL Injection; Sniffing attack; database; paket data.

References


Abdulloh, Rohi. (2018). 7 in 1 Pemograman Web untuk Pemula. Jakarta : Elex Media Komputindo.

CSIRT Bappenas. “SQL Injection”. csirt.bappenas.go.id. csirt.bappenas.go.id/ layanan/detail/180a9a4e-7e0a-49f2-ac92-92702ac094f5.

Halvorsen, Hans Petter. 2016. Structured Query Language. Notodden: University College of Southeast Norway.

Pfleeger, Charles P., and Shari Lawrence Pfleeger. 2012. Analyzing computer security: a threat/vulnerability/countermeasure approach. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Tallinn Manual On The International Law Applicable to Cyber Warfare, 2013.

Tim EMS. 2014. Teori dan Praktik PHPMySQL untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.