IMPLEMENTASI KEAMANAN FILE PADA APLIKASI PENYIMPANAN BERBASIS CLOUD COMPUTING DENGAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN KOMPRESI LEMPEL ZIV WELCH (LZW)

Dwi Setyo Wiratomo, Bayu Hananto, I Wayan Widi Pradnyana

Abstract


Data file merupakan data yang digunakan tiap perusahaan, organisasi, maupun perseorangan. Apalagi data penting yang tersimpan dalam database. Supaya data itu bisa diakses fleksibel, maka bisa disimpan dalam cloud storage. Walaupun sangat mudah diakses, maka harus disiapkan juga untuk keamanan data dari pengguna cloud. Setiap layanan cloud harus menyediakan keamanan data yang aman untuk penggunanya supaya menghindari penyusup untuk mengambil dan merusak data pengguna cloud. Cloud storage yang digunakan dalam peneliatian ini adalah AWS S3. Keamanan data merupakan hal yang penting dalam penyimpanan data ke layanan cloud. Metode kriptografi yang digunakan dalam penelialgoritma Advanced Encryption Standard (AES) yang akan menghasilkan enkripsi dan dekripsi data file tanpa merubah isi dari file tersebut serta melakukan kompresi file menggunakan algoritma Lempel Ziv Welch (LZW) untuk menurunkan ukuran file dan mempercepat pengiriman file ke cloud storage.

Keywords


kriptografi, cloud computing, cloud storage, Algoritma Advanced Encryption Standard (AES), Lempel Ziv Welch (LZW)

References


Herwanto, Riko, Aziz, R., & Purbo, O. W. Cloud Computing : Manajemen dan Perencanaan Kapasitas. 2021.

Munir,Rinaldi, KRIPTOGRAFI. Bandung, Informatika, 2019

Jamaludin, & Romindo. Kriptografi: Teknik Hybrid Cryptosystem Menggunakan Kombinasi Vigenere Cipher dan RSA. 2020.

Mirsyah, M. A.-A., Aksara, L. F., & Sajiah, A. M. Penerapan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Mengamankan File Pada Layanan Infrastructure as a Service. 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.