Analisis User Experience Pada Aplikasi Alpukat Betawi (Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat Dan Akurat) Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Dan Metode User Experience Questionnaire

Muhammad Riza Akbar Pramudya, Anita Muliawati, Ria Astriratma

Abstract


Alpukat Betawi yaitu sistem informasi berbasis website maupun mobile yang dibuat serta dikembangkan oleh Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta. Pada aplikasi Alpukat Betawi, masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukan. Banyaknya pengguna pada suatu aplikasi tidak menutup kemungkinan adanya ketidakpuasan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Untuk itu diperlukan analisis aplikasi Alpukat Betawi menggunakan metode cognitive walkthrough dan metode user experience questionnaire. Tujuan dalam penelitian yang dilakukan yaitu menganalisis dan mengidentifikasi masalah atau kesulitan yang dialami pengguna dengan menyelesaikan skenario tugas yang diberikan dalam penelitian ini kemudian akan diberikan rekomendasi perbaikan antarmuka berupa desain prototype pada aplikasi Alpukat Betawi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat banyak kesulitan yang dirasai oleh responden saat menyelesaikan skenario tugas dan hasil keenam skala penilaian user experience questionnaire (UEQ) berada pada nilai dibawah rata-rata dan perlu dilakukan peningkatan kualitas aplikasi Alpukat Betawi dengan menyediakan tampilan baru, sehingga menghasilkan rekomendasi perbaikan antarmuka berdasarkan masalah dan kesulitan yang di hadapi oleh responden.

References


B. Ghina, H. Ma, J. Wong, D. Agushinta, and R. Metty, “Analisis User Experiance Terhadap Website Perpustakaan Universitas Gunadarma Dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Komputasi, vol. 18, no. 3, 2019, doi: 10.32409/jikstik.18.3.2589.

M. Defriani, M. G. Resmi, and I. Jaelani, “Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Dan System Usability Scale (SUS) Pada Situs Web STT Wastukancana,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 30–39, 2021.

M. A. Arga Kusumah, R. I. Rokhmawati, and F. Amalia, “Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale (SUS),” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 4340–4348, 2019.

S. A. Ardyani, “Analisis User Experience dan Redesain Website My Permata Wisata dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough,” Senamika, vol. 1, no. 1, pp. 478–490, 2020.

A. Shukairy, “Usability Metrics: A Guide To Measuring The User Experience,” INVESP, 2019. https://www.invespcro.com/blog/usability-metrics/ (accessed Nov. 14, 2021).

M. Surahman, N. Widiyasono, and R. Gunawan, “Seri Sains dan Teknologi ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE APLIKASI KONSULTASI KESEHETAN ONLINE MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE DAN USER P-ISSN 2477-3891 E-ISSN 2615-4765,” J. Siliwangi, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2021.

M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook Version 8,” URL https//www.researchgate. net/publication/303880829_User_Experience_Questionnaire_Handbook_Version_2.(Accessed 29.03. 2022), no. September 2015, pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: www.ueq-online.org.

I. A. Hafidz, M. M. Syafei, and R. Afrinaldi, “Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok,” J. Literasi Olahraga, vol. 2, no. 2, pp. 104–109, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” J. Mat. UNAND, vol. 8, no. 1, p. 179, 2019, doi: 10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.