Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Pada Pabrik Kerupuk (Studi Kasus : CV Bintang Harapan Jaya)

Rania Ramadhina, Erly Krisnanik, Mohamad Bayu Wibisono

Abstract


Penyebaran informasi yang cepat diimbangi dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, menyebabkan suatu perusahaan tidak hanya berfokus kepada penjualan saja, tetapi juga berfokus kepada pelanggan dalam menghadapi persaingan bisnis. Pelayanan yang diberikan oleh CV Bintang Harapan Jaya kepada pelanggannya masih belum maksimal. Penyampaian keluhan yang diberikan oleh pelanggan masih bersifat word of mouth, sehingga sering kali tidak diketahui oleh pihak cabang maupun pabrik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem informasi menggunakan pendekatan Customer Relationship Management yang dapat memberikan informasi serta layanan yang memuaskan bagi pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Metode perancangan sistem yang digunakan yaitu dengan metode Waterfall dan pemodelan visual menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil yang didapatkan yaitu berupa sistem informasi yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengetahui informasi serta menyediakan layanan untuk menyampaikan keluhan kepada pihak CV Bintang Harapan Jaya sehingga proses menjadi lebih efektif dan efisien.

Keywords


Sistem Informasi, Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan.

References


Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa dalam mengukur kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode PIECES. Jurnal visioner & strategis, 6(2).

Komputer, W. (2010). Panduan Belajar MySQL Database Server. MediaKita

Mulyani, S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika.

Romindo, R., Niar, H., Sipayung, R., Julyanthry, J., Yendrianof, D., Pelu, M. F. A., ... & Purba, B. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Sumardi, S. (2021). Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis CMS (Studi Kasus: Koperasi IKAMAS Semarang). INFOKAM, 17(1)

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, October, 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.