Perancangan Sistem Informasi Penjualan Hewan Ternak Kambing Untuk Aqiqah dan Qurban Pada CV Anugerah Prawira Gumilang Farm Berbasis Website

Andru Sandhya Prawira, Tri Rahayu

Abstract


Membuka bisnis ternak kambing adalah upaya pemeliharaan dan budidaya hewan ternak agar dapat dijual dan menjadi sumber penghasilan khususnya perusahaan ternak kambing yang bergerak pada jasa aqiqah dan qurban. Untuk memperluas jaringan penjualan hewan ternak tentu saja harus memiliki metode penjualan yang lebih efektif agar dapat memperluas area penjualan. Masih digunakannya dokumen manual seperti mencatat pesanan menggunakan kertas, memberikan invoice ke pelanggan menggunakan kwitansi kertas dirasa cukup beresiko untuk mendata transaksi yang masuk dikarenakan bisa hilang, terselip dan sebagainya. Belum lagi metode penjualan aqiqah dan qurban yang masih menggunakan metode manual seperti pembeli harus datang sendiri ke lapak kambing jika ingin membeli hewan qurban serta memasang spanduk dan menyebarkan brosur jika ingin pesan aqiqah dirasa kurang efektif dalam menarik minat pembeli. Dalam mengatasi hal tersebut, penulis membangun sebuah sistem menggunakan metode waterfall serta pemodelan UML yang dibangun menggunakan sebuah framework Codeigniter dan Database MySQL. Maka hasil penelitian ini adalah membangun sistem informasi penjualan berbasis website yang dapat membantu perusahaan ternak kambing aqiqah dan qurban untuk memperluas jaringan penjualan, mempermudah pembeli serta menyimpan data transaksi penjualan pada CV Anugerah Prawira Gumilang Farm.


Keywords


Bisnis Ternak Kambing; Sistem Informasi; Penjualan;

References


Adam Saputra. (2019). Buku Sakti HTML, CSS dan Javascript Pemrograman Web Itu Gampang. Jakarta: Anak Hebat Indonesia.

Anwardi. (2020). Analisis Pieces dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Metode Waterfall. Jakarta

Beni Saputra. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa dan Kehadiran Guru Berbasis Web. Tanggerang: Universitas Bina Sarana Informatika.

Dedy Rahman. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media

Dr. Henderi. (2022). UML POWERED DESIGN SYSTEM USING VISUAL PARADIGM. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Elgamar. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar Pemerograman Website Dengan PHP. Malang: Ahlimedia Book.

Heru Sulistiono. (2018). Coding Mudah Dengan Codeigniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jublee Enterprise. (2016). Pemrograman Bootstrap Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komutindo.

Reynolds, G. (2015). Fundamentals of Information Systems. United States: Cengage Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.