Perancangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Website Pada Posyandu Cempaka 1 Desa Pasir Jambu Bogor

Rosa Helvida Errendyar, Tri Rahayu

Abstract


Di era yang sudah digital ini, pengelolaan data sudah dengan mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Posyandu yang merupakan salah satu kegiatan pada bidang kesehatan, berupaya dalam peningkatan kesehatan guna memberikan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Salah satunya yaitu pengadaan layanan kesehatan gratis setiap bulannya guna memantau status gizi dan kondisi kesehatan bayi dan balita, serta pemberian imunisasi. Pentingnya hal tersebut dapat mengurangi resiko terjadinya stunting. Dalam pelaksanaan kegiatan posyandu dilakukan pencatatan data anak baru, data penimbangan, data imunisasi, perhitungan usia dan status gizi anak, dan pelaporan antar kader posyandu dengan bidan desa. Namun kegiatan tersebut masih dilakukan dengan cara yang manual, sehingga menyulitkan para kader posyandu dan menghambat proses pelaporan kepada bidan desa. Dalam mengatasi hal tersebut, penulis membangun sebuah sistem dengan menggunakan metode waterfall dan pemodelan visual UML, yang dibangun menggunakan framework CodeIgniter dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi berbasis website yang dapat mengelola data, serta menghitung usia dan status gizi anak secara otomatis, apakah gizi buruk, kurang, baik, atau lebih, dan juga pelaporan menjadi lebih mudah, cepat, tepat, efektif dan efisien pada Posyandu Cempaka 1 Desa Pasir Jambu Bogor.

Keywords


Posyandu; Sistem Informasi; Status Gizi; Pencatatan; Pemantauan;

References


Sujiyati, A. (2022, Maret 26). Pentingnya Pemantauan Pertumbuhan dan Peningkatan Ketahanan Gizi. Diambil dari Sribasuki.id: https://sribasuki.id/artikel/2022/3/26/pentingnya-pemantauan-pertumbuhan-dan-peningkatan-ketahanan-gizi

Yen, D. C., (2019). The Information System Consultant's Handbook: Systems Analysis and Design. United States: CRC Press.

Widia, D. M. dan Asriningtias S. R. (2021). Cara Cepat dan Praktis Membangun Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Hudhah, M. H., & Hidajah, A. C. (2017). Perilaku ibu dalam imunisasi dasar lengkap di puskesmas Gayam Kabupaten Sumenep. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 5(2), 167-180.

Shalahuddin, A. S. Rosa dan M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Maylawati, D. S., Darmalaksana, W., & Ramdhani, M. A. (2018). Systematic design of expert system using unified modelling language. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 288, No. 1, p. 012047). IOP Publishing.

Supono, Putratama V. (2018). Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework CodeIgniter. Sleman: Deepublish.

Taufiq, R. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Verma, A., Khatana, A., & Chaudhary, S. (2017). A comparative study of black box testing and white box testing. Int. J. Comput. Sci. Eng, 5(12), 301-304.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.