Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan Dan Data Stok Barang Pada Toko Bintang 9 Cell Berbasis Website

Mutia Hasanah, Tri Rahayu

Abstract


Bintang 9 Cell merupakan salah satu penjual pulsa dan aksesoris handphone yang masih melakukan pengolahan data secara manual dan belum terkomputerisasi. Maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat membantu dan memudahkan kegiatan pencatatan penjualan serta pengolahan data barang pada Toko Bintang 9 Cell. Tujuan dibangunnya sistem informasi tersebut untuk memudahkan pengolahan data penjualan dan pengolahan data stok barang pada Toko Bintang 9 Cell. Sistem informasi ini dibangun berbasis website dengan menggunakan framework Laravel serta bahasa pemograman PHP yang dapat di akses oleh pemilik dan karyawan. Sistem informasi ini dibangun menggunakan pengembangan sistem waterfall dengan metode pengumpulan data menggunakan analisis PIECES. Hasil yang di dapat pada penelitian ini yaitu sistem informasi pengolahan data penjualan dan data stok barang pada Toko Bintang 9 Cell berbasis website. Sistem informasi pengolahan data penjualan dan data stok barang menjadi solusi terkait masalah pemberian laporan kepada pemilik toko menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat dari pembukuan sebelumnya.

Keywords


sistem informasi, pengolahan data, waterfall

References


Seah, J., & Ridho, R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang Untuk Alat Berat Berbasis Desktop Pada Cv Batam Jaya. Jurnal Comasie.

Abdullah, Mikrajuddin. (2017). Fisika Dasar II. Institut Teknologi Bandung: Bandung.

Nawassyarif, M, J., & Ananda, K. R. (2020). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA TERNAK UNIT PELAKSANA TEKNIS PRODUKSI DAN KESEHATAN HEWAN BERBASIS WEB. Jurnal JINTEKS, 2(1), 32–39.

Hasibuan, E. H., & Singarimbun, R. N. (2021). Instal: Jurnal Komputer Web-Based Sales Information System Design at Ulos Shop. 13(02).

Irwanto. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota SerangBanten. Jurnal Pendidikan.

Darisman, Aris, and Mochammad Haldi Widianto. (2019). “Design and Development of Pharmaceutical Company Information System Based on Website Using the Waterfall Model”. International Journal of Recent Technology and Engineering (IRJTE).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.