SISTEM INFORMASI PEMESANAN PRODUK FLORIST BERBASIS WEB PADA QFLORIST

Tiya Alfianti, Ermatita Ermatita

Abstract


Pada saat ini, Bidang teknologi informasi dan komunikasi mengalami revolusi yang semakin pesat. Revoluasi  teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang yang luas di berbagai bidang untuk menyelesaikan semua masalah dalam kesehariannya. Qflorist masih menggunakan sistem manual yang kurang menunjang proses pemesanan produk Florist. Sistem manual tanpa adanya komputerisasi dan sistem yang terintegrasi menyebabkan data yang telah diproses tidak terdokumentasi dengan baik sehingga menimbulkan kesalahan. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pemesanan berbasis web untuk mempermudah Qflorist dalam proses pemesanan produk. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode PIECES untuk menganalisa masalah yang ada, dan menggunakan UML dalam proses perancangan sistemnya. Sistem yang dibangun berbasis web dan menggunakan codeigniter sebagai framework PHP, bootstrap sebagai framework CSS, sedangkan untuk penyimpanan data menggunakan MySQL, untuk melakukan pengujian digunakan metode Black Box Testing. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah proses pemesanan produk di Qflorist.

 


Keywords


Pemesanan; Florist; Web

References


A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Anggraini, Y, Pasha, D, & Damayanti Setiawan, A 2020, ‘Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter ( Studi Kasus : Orbit Station )’, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 2, pp. 64–70.

Hidayatullah, Priyanto, dan Jauhari Khairul Kawistara. 2017. Pemrograman WEB. Bandung. Informatika Bandung.

Fitri, Rahimi. 2020. Pemrograman Basis Data Menggunakan MySQL. Banjarmasin: Poliban Press.

Hesananda, R., Warnars, H. L. H. S., & Sianipar, N. F. (2017). Supervised Classification Karakter Morfologi Tanaman Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Menggunakan Database Management System. Jurnal Sistem Komputer, 7(2), 50–58.

Kesuma, C., & Rahmawati, L. (2017). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Purnama 2 Banyumas. Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 7(No 3), 1–9.

Prihandoyo, M. Teguh. 2018. Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3(1):126–129.

Pressman, Roger, S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak.Pendekatan Praktisi. Edisi 7. Yogyakarta : Andi.

Raharjo, Budi. 2015. Belajar Otodidak MySql. Bandung: Informatika.

Wildaningsih, W & Yulianeu, A 2018, ‘Sistem informasi pengolahan data anggota unit keagiatan mahasiswa (UKM) Zaradika STMIK DCI Tasikmalaya’, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 181–190.

Yunahar Heriyanto. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis WEB Pada PT.APM RENT CAR. 2(2), 64–77


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.