Sistem Informasi Penjualan Pembelian dan Stok Barang Berbasis Website pada Toko Buku Anggie Cibubur

Anisah Fitri Nurkhasanah, Theresiawati Theresiawati

Abstract


Sejauh ini sistem informasi pada penjualan toko buku masih banyak yang dilakukan secara manual dan tidak terkomputerisasi, yaitu dengan menggunakan penjualan yang dilakukan dengan secara manual dengan mencatat barang yang laku terjual, stok barang, dan hitung harga secara manual oleh pegawai. Toko Buku Anggie adalah toko buku yang menjual segala macam keperluan sekolah, kantor, seragam, mainan anak, boneka-boneka kain dengan harga grosir dan eceran. Sistem yang digunakan pada Toko Buku Anggie masih menggunakan sistem yang manual dengan menggunakan kertas nota untuk setiap tansaksi maupun stok barang. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode perancangan sistem waterfall dan analisis PIECES dengan menggunakan konsep Data Flow Diagram (DFD) untuk memudahkan programmer untuk membuat sistem untuk membuat sistem berjalan dan usulan. Sistem ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini adalah dengan adanya sistem informasi pada Toko Buku Anggie dapat mempermudah admin dalam meyimpan berkas dan dapat melihat laporan penjualan dan pembelian setiap saat.

Kata Kunci: Toko Buku Anggie, Sistem Informasi, Penjualan dan Stok Barang.


Keywords


Toko Buku Anggie, Sistem Informasi, Penjualan dan Stok Barang.

References


Novita, R., & Kom, M. Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Buku Al-Mumtaz. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6(2), 124-130.

Kuswara, H., & Kusmana, D. 2017. Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Menengah Kejuruan Al – Munir Bekasi. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(2), 17–22. Retrieved from http://ijns.org/journal/index.php/ijns/articl e/view/22.

Gultom, D. T., Sumaryo, S., & Viantimala, B. (2019). Teknologi Informasi & Komunikasi Serta Penerapan Dalam Penyuluhan Pertanian.

Andaru, L. T. (2016). Sistem Informasi Penjurusan Di SMA XYZ. Jurnal Ilmiah SINUS, 14(1).

Friedrich, T., Schlauderer, S., & Overhage, S. (2019). The impact of social commerce feature richness on website stickiness through cognitive and affective factors: An experimental study. Electronic Commerce Research and Applications, 36, 100861.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Martono, A., Setyawan, E. A., & Pambudi, A. D. (2018). Implementasi Sistem Informasi Kehadiran Siswa Pada SMKN 2 Kabupaten Tangerang. Journal Sensi, 4(1), 9-19.

Wijaya, H. O. L. (2018). Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau. JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), 3(1), 46-55.

Dipraja, Samja. (2014). Panduan Praktis Membuat Website Gratis. Jakarta : Pustaka Makmur.

Connolly, T., & Begg, C. (2010). Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management (5th ed.). United States: Pearson.

Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), 3(2), 45–46. http://www.ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/647/640

Abdi, R. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi e-Commerce Penjualan Buku Berbasis Website (Studi Kasus : PT. Agromedia Group) [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/16726/8/8. BAB III_2018354SIF.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.