Sistem Informasi Web Penyewaan Mainan Anak Pada Toko ABC Berorientasi Objek

Tiara Iffatunadia, Ali Hakim Alfaroshi, Muhammad Sadewo Wicaksono, Erly Krisnanik, Muhammad Adrezo

Abstract


Pada masa ini, mainan dapat dikatakan sebagai kebutuhan utama untuk anak berusia dini. Dengan bermain mainan yang tepat, anak bisa mendapatkan hiburan serta pengetahuan. Toko ABC merupakan toko yang melayani penyewaan berbagai jenis mainan anak. Namun, sistem yang diterapkan untuk penyewaan ini masih berbentuk konvensional atau masih melibatkan kertas untuk menulis catatan. Hal tersebut menimbulkan beberapa kendala, salah satunya kendala dalam mencari dokumen, dimana pegawai harus mencari dokumen dalam tumpukan-tumpukan dokumen yang ada. Sehingga proses transaksi tidak dapat berjalan dengan optimal. Dari permasalahan tersebut, dibutuhkan sistem informasi web untuk penyewaan mainan anak pada Toko ABC yang dapat mempermudah dan mengurangi kendala pada proses penyewaan mainan. Proses penyewaan mainan anak pada Toko ABC berisi proses pendaftaran, penyewaan mainan, pembayaran, pengiriman pesanan, dan pengembalian mainan melalui aplikasi website. Hasil sistem informasi web penyewaan mainan anak pada Toko ABC dengan orientasi objek ini dapat mempermudah dan mengurangi kendala pada proses penyewaan.


Keywords


Penyewaan;Website;UML;OOAD

References


Soelistyarini, T. D. (2013). Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Universitas Airlangga.

Trisakti, B., dan F. I. Pratama. (2020). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Web pada CV. Jawi. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 57-61.

Zakaria, H. (2017). Perancangan Aplikasi Penjualan dan Penyewaan Mobil Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall pada CV. Dhiyara Anugrah. J. Inform. Univ. Pamulang, 2(4), 184.

Putra, R. P., A. Riyadi, dan S. Wardani. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Persewaan Dan Penjualan Properti Di DIY Berbasis Web.

Fauzi, Rizky Maulana. Tanpa Tahun. Perancangan Website Untuk Penyewaan Kamera Dan Lensa. Universitas Komputer Indonesia.

Dira, S. V., T. A. Rizal, dan R. Tulloh. (2015). Perancangan Dan Implementasi Website Pemesanan Untuk Penyewaan Mobil Dan Sepeda Motor (studi Kasus Skp 29 Rental). eProceedings of Applied Science, 1(3).

Adrezo, M., & R. Wirawan. (2021). Development of Student Associations Information System at Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. JISA (Jurnal Informatika dan Sains), 4(1), 59-63.

Divayana, H. 2010. Konsep OOAD. Jakarta: STMIK Eresha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.