Perancangan Sistem Prediksi Kualitas Air Yang Dapat Dikonsumsi Dengan Menerapkan Algoritma K-Nearest Neighbor

Hardiana Said, Nur Hafifah Matondang, Helena Nurramdhani Irmanda

Abstract


Dengan kualitas air diberbagai wilayah yang semakin menurun, hal ini mengkhawatirkan sebab kualitas air yang aman sangat penting bagi kesehatan masyarakat luas. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kebutuhan manusia terkait air minum, kualitas air yang tidak aman yaitu biasanya memiliki sanitasi yang buruk dan memiliki kandungan dengan zat-zat yang melebihi kadar standar dapat menyebabkan penyakit seperti hepatitis A, kolera, diare, dan lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah sistem prediksi kualitas air dan untuk mendukung dilakukannya pemrosesan prediksi yaitu dengan menerapkan algoritma klasifikasi data mining yaitu adalah algoritma K-Nearest Neighbor. Data yang diperoleh berasal dari website kaggle yang mana akan digunakan untuk percobaan pada sistem yang akan bangun. Hasil pemodelan diukur menggunakan tabel Confusion Matrix sehingga dapat dihitung nilai akurasi dari performa model. Setelah dilakukan pengujian, model yang ada memiliki tingkat akurasi tertinggi 85,52% dengan nilai k (tetangga terdekat) = 3. Aplikasi berbasis web akan dibangun untuk memprediksi kualitas air yang dapat dikonsumsi berdasarkan hasil pemodelan.


Keywords


Kualitas Air, Klasifikasi, Sistem, Prediksi, K-Nearest Neighbor

References


Saraswati, Rieke. (2020). Ini 6 Penyakit Akibat Pencemaran Air yang Perlu Diwaspadai. Diakses pada: https://idcloudhost.com/apa-itu-data-mining-definisi-fungsi-metode-dan-penerapannya/

Hasmawati, dkk. (2017). Aplikasi Prediksi Penjualan Barang Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (KNN) (Studi Kasus Tumaka Mart). semanTIK, Vol. 3, No.2.

Armono, Rio Adi, dkk. (2018). Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Identifikasi Kualitas Air (Studi Kasus: Pdam Kota Surakarta). Jurnal TIKomSIN, Vol. 6, No. 2.

Marisa, Fitri. (2013). Educational Data Mining (Konsep Dan Penerapan). Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 4, No.2.

Dsn, Cahya. (2018). Algoritma K-Nearest Neighbor (k-NN). Diakses pada: https://cahyadsn.phpindonesia.id/extra/knn.php

Anwardi, dkk. (2020). Analisis PIECES Dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Sistem Promosi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri, Vol.7, No.1.

Adani, Muhammad Robith. (2021). Ketahui Apa Itu Data Flow Diagram (DFD) Beserta Jenis Dan Fungsinya. Diakses pada: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-dfd/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.