ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM MONITORING JARINGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN NTOPNG DAN ZABBIX DI SMP N 1 TAMANSARI

arnold parulian situmorang, Theresia Wati

Abstract


Sistem monitoring jaringan komputer adalah salah satu teknologi yang membantu proses pengawasan kondisi jaringan komputer, dalam pengimplementasiannya masih banyak masyarakat yang belum mengerti tentang sistem ini, dan juga dengan banyaknya pilihan sistem yang tersedia di pasaran akan semakin menyulitkan pemilihan sistem monitoring jaringan mana yang paling cocok untuk diterapkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membandingkan dua sistem monitoring yang memiliki tampilan web yaitu Zabbix dan NTOPNG dari segi fitur awal, protokol,skalabilitas dan kemudahan pengguna. Dari hasil analisis, hasil yang diharapkan adalah penelitian ini dapat mengetahui perbedaan diantara Zabbix dan NTOPNG dalam fungsinya sebagai sistem atau alat pemantauan jaringan dari segi fitur awal, skalabilitas, protokol dan kemudahan penggunaan sehingga nantinya dapat dijadikan referensi bagi pembaca yang ingin mengimplementasikan salah satu sistem yang diteliti pada jaringan komputernya.


Keywords


jaringan komputer, sistem monitoring jaringan, Zabbix, NTOPNG

References


L. Deri, M. Martinelli, and A. Cardigliano, “Realtime high-speed network traffic monitoring using ntopng,” 28th Large Install. Syst. Adm. Conf. LISA 2014, 2014.

A. Hamzah et al., “Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Zabbix dan Web Web Application Firewall di PT PLN ( Persero ) Transmisi Jawa Bagian Tengah,” vol. 5, no. 3, pp. 2378–2384, 2019.

F. B. Perdana, I. R. Munadi, and A. I. Irawan, “IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN SURICATA DAN NTOPNG IMPLEMENTATION OF NETWORK SECURITY SYSTEM USING SURICATA AND NTOPNG,” vol. 6, no. 2, pp. 4076–4083, 2019.

S. E. Prasetyo and Haryono, “Analısıs Dan Perancangan Monıtorıng Dan Notıfıkası System Web Applıcatıon Fırewall Menggunakan Zabbıx,” vol. 1, no. 1, pp. 851–859, 2021.

A. R. T. Atmaja and T. I. Bayu, “IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING JARINGAN MENGGUNAKAN ZABBIX PADA PT SUMBER TRIJAYA,” no. 672015221, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.