Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5.0 Domain DSS (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Dana)

Dani Ali Cahyadi, Aji Suryana, Aldi Ramadhan, Gilang Akbar Panggulu, Ria Astriratma

Abstract


Pada era digital yang begitu praktis saat ini yang menjadi penyulut hadirnya perusahaan yang bergerak bidang jasa keuangan yang berbasis teknologi, sebagai contoh DANA. Financial technology (fintech) menghadirkan inovasi dalam sistem pembayaran masa kini yang kemudian mengubah pola bertransaksi di masyarakat, salah satunya pada sistem pembayaran yang menjadi serba cepat dan praktis. Fintech dapat mempermudah transaksi jual beli secara tidak langsung dan sistem pembayaran yang digunakan menjadi lebih praktis dan efektif. Pada penelitian ini yang berfokus pada framework COBIT 5.0 domain Deliver, Service, and Support (DSS) untuk mendapatkan nilai tingkat kepuasan pengguna aplikasi DANA, dengan menggunakan proses Reability Scale. Dari hasil analisis menunjukkan hasil reabilitas dan validitas dari 32 responden memiliki nilai Cronbach’s Alpha dari 11 variabel pernyataan sebesar 0,693 > 0,50 dan perlu ditingkatkan lagi terkait dengan domain DSS03 dan DSS06 khususnya pada peringatan pembekuan dan upgrade akun DANA ke premium.


Keywords


COBIT 5.0, DANA, DSS. Fintech

References


Nadhifah, Ainun. (2018). Berkenalan Dengan Dana, Startup yang Hadirkan Masa Depan Pembayaran Digital di Indonesia.

Campbell, Philip L. (2005). A COBIT Primier. Sandia National Laboratories, USA.

ISACA. (2012). COBIT 5: Enabling Processes.

Bank Indonesia. (2016). Frequently Asked Question Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran Indonesia.

Alviansah, Yoga Pratama, and Kraugusteeliana. (2019). Rancangan Penerapan TAM (Technology Acceptance Model) Pada Sistem Pembayaran Go-Pay melalui pendekatan Perceived Ease Of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), Behavorial Intention Use (BIU), Actual Of Use (ASU) dan Experience (E). SEINASI-KESI.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.