Penerapan E-Commerce Sebagai Solusi Mempertahankan Usaha di Era Pandemi COVID-19 Studi Kasus Bellatex

Friska Nur Anisa, Hendri Irawan

Abstract


Bellatex merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan bahan kain secara partai besar. Perusahaan ini berada di daerah pusat perbelanjaan bahan kain Cipadu Jaya, Tangerang, Banten. Sejak diterapkannya kebijakan pembatasan kegiatan sosial masyarakat di Indonesia karena pandemi COVID-19, Bellatex termasuk perusahaan yang mengalami dampak penurunan penjualan. Penelitian ini dilakukan sebagai solusi agar bisnis Bellatex tetap berlangsung. Untuk itu peneliti membangun sistem penjualan berbasis web e-commerce dengan memakai plug-in woocommerce untuk solusi dari masalah tersebut. Peneliti menggunakan tool Business Model Canvas (BMC) dalam menganalisis model pengembangan bisnis pada Bellatex dan menggunakan Content Management System (CMS) sebagai implementasi dari e-commerce serta menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk memperluas jangkauan pemasaran toko.

Keywords


E-Commerce; Bahan Kain; Woocommerce; Business Model Canvas (BMC); Search Engine Optimization (SEO)

References


Ikmah and A. S. Widawati, “Penerapan E-Commerce untuk Pemasaran pada Usaha Handycraft,” Semin. Has. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 169–174, 2018.

Daon001, “Kemkominfo: Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Capai 78 Persen,” 2019. https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesia-capai-78-persen/0/sorotan_media.

A. Nurhansah and Y. Susanto, “Implementasi E-Commerce Berbasis CMS (Content Management System) pada Batik Pekalongan Toko,” J. IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 431–435, 2020.

M. Arifin and W. A. Triyanto, “Rancang Bangun Portal E-Commerce Kain Troso di Kabupaten Jepara,” SNATIF, vol. 3, no. 2015, pp. 499–506, 2017.

A. Pratomo, E. Najwaini, A. Irawan, and M. Risa, “Optimasi E-Commerce dengan Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk Meningkatkan Penjualan pada UKM Nida Sasirangan,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 1, no. 1, pp. 35–47, 2019, doi: 10.31961/impact.v1i1.615.

F. Alfiah, R. Tarmizi, and A. A. Junidar, “Perancangan Sistem E–Commerce untuk Penjualan Pakaian pada Toko A&S,” ICIT J., vol. 6, no. 1, pp. 70–81, 2020, doi: 10.33050/icit.v6i1.862.

N. Siregar, M. S. Malawat, and A. Nata, “Implementasi Sistem Aplikasi E-Commerce Toko Busana Serba Tiga Puluh Lima Ribu Berbasis Web,” vol. 1, no. 1, pp. 19–24, 2021, doi: https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i1.1014.

A. Nugroho and H. Irawan, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Content Management System (CMS) untuk Memperluas Pemasaran pada Indah Jaya Sport,” J. IDEALIS, vol. 4, no. 4, pp. 1–10, 2021.

A. Wulandary, F. R, A. Mursalat, A. T. Darhyati, and Masitah, Business Model Canvas Implementasi Terhadap Industri Rumahan Produk Virgin Coconut Oil (VCO). Media Sains Indonesia, 2020.

E. Triandini and I. G. Suardika, Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Penerbit Andi, 2012.

G. Syarifudin, “Perancangan E-Marketplace Dalam Menghasilkan Sistem Laundry di Pontianak,” Sensitek, vol. 1, no. 1, pp. 137–142, 2018.

H. F. Siregar and M. Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.36294/jurti.v2i2.425.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.