Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pegawai Jogja Bay Sleman Berbasis Website

Adzan Yogaswara, Theresia Wati

Abstract


Sistem Penggajian merupakan hal yang sangat penting bagi kegiatan keuangan di suatu perusahaan. Dalam pengolahan data pada Jogja Bay sudah terkomputerisasi namun masih sederhana, yaitu menggunakan Microsoft excel sehingga dalam mengolah data akan berpotensi terjadinya kesalahan dalam menghitung gaji pegawai, seperti gaji pokok, gaji lembur, potongan gaji, uang transport dan laporan gaji harus dicek secara berulang-ulang dari setiap pegawai. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall. Metodologi penelitian dilakukan dengan 6 tahap, yang pertama pengumpulan data, yang kedua identifikasi masalah, yang ketiga analisis sistem, yang keempat perancangan, yang kelima pengujian dan yang terakhir implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penggajian yang sudah terkomputerisasi yang dapat menampung informasi dari pegawai, data gaji pegawai, laporan gaji pegawai. Pada Sistem penggajian penulis menggunakan diagram UML dan MySQL dalam mengolah data dan alat pengembangan yang digunakan HTML dan PHP. Setelah penelitian sistem penggajian ini jadi penulis mengharapkan dapat mempermudah pekerjaan dari masing-masing pegawai.


Keywords


sistem penggajian; UML; MySQL; metode waterfall; PHP

References


Nugroho,Bunafit. APLIKASI PEMROGRAMAN WEB DINAMIS Dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Gava Media.

Kristanto, Andri. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN APLIKASINYA. Jakarta: Gava Media.

Moenir, Ardianto, Fajar Yulianto.2017. Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web dengan Metode Waterfall pada PT. Sinar Metrindo Perkasa (Simetri). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(3), 1-11.

Susanto,A.(2011). SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERBASIS WEB PADA KEJAKSAAN NEGERI TANGERANG. Artikel internet: https://repository.mercubuana.ac.id/18687/2/Cover.pdf

Mulyani, Sri, Achmad Sidik, Atika Sari.2020. Sistem Informasi Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada PT Panca Cipta Abadi. Jurnal Sisfotek Global, 10(2), 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.