APLIKASI SISTEM E-VOTING KETUA UMUM UPN BAND VETERAN JAKARTA BERBASIS WEBSITE

Anne Theresia Siahaan, Helena Nurramdhani Irmada

Abstract


Dalam sebuah organisasi, diperlukan sistem informasi untuk mendapatkan informasi yang tepat, cepat, dan akurat. Hal itu sangat penting apalagi dalam kegiatan pemungutan suara yang umumnya masih dilakukan secara manual, seperti halnya pada Unit Kegiatan Mahasiswa Band Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. E-voting merupakan suatu hal yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan pemungutan suara. Pengembangan sistem ini dilakukan karena melihat penghitungan suara yang selama ini masih manual dapat memakan waktu dan melihat tidak sedikit anggota yang berhalangan hadir pada saat pemungutan suara. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode waterfall, karena menggunakan pendekatan secara berurutan dan sistematis. Perancangan sistem di gambarkan dengan diagram Unified Modelling Language atau UML. Aplikasi E-voting ini merupakan berbasis website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan data penyimpanan MySQL (phpMyAdmin). Dengan adanya aplikasi ini, maka akan menghasilkan pemilihan yang lebih efisien dan aman.


Keywords


Sistem Informasi; E-voting; UBV Jakarta

References


Dahnial, D. (2020). Aplikasi E-Voting Untuk Pemilihan Ketua Osis Di Sma Xyz Berbasis Web Responsive. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(1), 144. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i1.819

Setyawan, F., & Pratama, F. I. (2020). Rancang Bangun Sistem E-Voting Pemilihan Ketua Osis Sma Mardisiswa Semarang Berbasis Web. 2(2), 154–160.

Nuryanto, E. P., & Wintoro, P. B. (2017). Rancang Bangun Sistem E-Voting Pada Pemilihan Raya (Pemira) Iib Darmajaya Berbasis Web. Semnas Iib Darmajaya, 90–100.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Mulyani, S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika.

Azwanti, N. (2017). Perancangan E-Voting berbasis Web. Jurnal Komputer Terapan, 3(2), 119–132.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.