Analisis Sentimen Pengguna Twitter terhadap Konflik antara Palestina dan Israel Menggunakan Metode Naïve Bayesian Classification dan Support Vector Machine
Abstract
Konflik antara Israel dan Palestina merupakan konflik yang menyita perhatian dunia. Hal ini menjadi perbincangan diseluruh dunia termasuk Indonesia, sehingga memunculkan berbagai opini publik salah satunya di media sosial Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan penggunaan metode klasifikai dalam mengidentifikasi sentiment public dari data tweet pengguna Twitter. Subjek pada penelitian ini yaitu berupa data tweet pengguna yang memuat #israel dan #palestina. Dimana setelah dilakukan preprocessing, pembobotan, dan resampling terkumpul 508 data tweet dengan 453 data training dan 55 data testing. Metode klasifikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine. Setelah diklasifikasi, dilakukan evaluasi terhadap dua model klasifikasi tadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Naïve Bayes menghasilkan akurasi, precision, dan recall masing-masing sebesar 74%, 74%, 56% sedangkan dari metode Support Vector Machine didapatkan akurasi, precision, dan recall sebesar 80%, 79%, 72%. Dapat disimpulkan bahwa metode klasifikasi Support Vector Machine dapat mengklasifikasikan dataset lebih baik dari Naive Bayes Classification.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
G. A. Buntoro, “Analisis Sentimen Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 Di Twitter,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 32–41, 2017, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Ghulam_Buntoro/publication/316617194_Analisis_Sentimen_Calon_Gubernur
_DKI_Jakarta_2017_Di_Twitter/links/5907eee44585152d2e9ff992/Analisis-Sentimen-Calon-Gubernur-DKI- Jakarta-2017-Di-Twitter.pdf.
R. Julianto, E. D. Bintari, and Indrianti, “Analisis Sentimen Layanan Provider Telepon Seluler pada Twitter menggunakan Metode Naïve Bayesian Classification,” J. Big Data Anal. Artif. Intell., vol. 3, no. 1, 2017.
Hartanto, “Text Mining Dan Sentimen Analisis Twitter Pada Gerakan Lgbt,” Intuisi J. Psikol. Ilm., vol. 9, no. 1, pp. 18–25, 2017, doi: 10.15294/intuisi.v9i1.9561.
Y. Lin, X. Wang, and A. Zhou, “Opinion spam detection,” Opin. Anal. Online Rev., no. May, pp. 79–94, 2016, doi: 10.1142/9789813100459_0007.
J. A. Septian, T. M. Fahrudin, and A. Nugroho, “Journal of Intelligent Systems and Computation 43,” pp. 43–49, [Online]. Available: https://t.co/9WloaWpfD5.
A. L. Fairuz, R. D. Ramadhani, and N. A. Tanjung, “Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap COVID-19 Pada Media Sosial,” J. DINDA, vol. 1, no. 1, pp. 10–12, 2021, [Online]. Available: http://journal.ittelkom- pwt.ac.id/index.php/dinda/article/view/180.
I. Ahmad, M. Basheri, M. J. Iqbal, and A. Rahim, “Performance Comparison of Support Vector Machine, Random Forest, and Extreme Learning Machine for Intrusion Detection,” IEEE Access, vol. 6, pp. 33789–33795, 2018, doi: 10.1109/ACCESS.2018.2841987.
P. P. A. Arsya Monica Pravina, Imam Cholissodin, “Analisis Sentimen Tentang Opini Maskapai Penerbangan pada Dokumen Twitter Menggunakan Algoritme Support Vector Machine (SVM),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2789–2797, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j- ptiik/article/view/4793.
M. Astiningrum, K. S. Batubulan, and L. A. Sias, “Implementasi Analisis Sentimen Twitter Mengenai Opini Masyarakat Terhadap Rkuhp Tahun 2019,” Semin. Inform. Apl. POLINEMA 2020, 2020.
U. Rofiqoh, R. S. Perdana, and M. A. Fauzi, “Analisis Sentimen Tingkat Kepuasan Pengguna Penyedia Layanan Telekomunikasi Seluler Indonesia Pada Twitter Dengan Metode Support Vector Machine dan Lexion Based Feature,”
J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 12, pp. 1725–1732, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/628.
R. Siringoringo, “Klasifikasi Data Tidak Seimbang Menggunakan Algoritma SMOTE dan k-Nearest Neighbor,” J. ISD, vol. 3, no. 1, pp. 44–49, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Senamika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.