ANALISIS UI/UX WEBSITE VISUAL JALANAN DENGAN METODE USER-CENTERED DESIGN

Bimodes Rizky Grande, Erly Krisnanik, Sarika Afrizal

Abstract


Website dibuat tidak hanya untuk sebuah penyebaran informasi, sebuah penilaian usability dapat diimplementasikan untuk menjadikan sebuah website menjadi menarik dan memudahkan user ketika mengaksesnya. Visual Jalanan sebagai komunitas non-profit memiliki website sebagai basis data rekaman jurnal aktivitas visual yang dibuat tahun 2014. Berdasarkan dari hasil wawancara informal pada user terkait sistem berjalan, permasalahan terletak pada tampilan perancangan seperti penggunaan komponen yang kurang familiar, peletakan layout, penggunaan warna, dan penggunaan efek tampilan yang cukup membuat lag pada perangkat yang dapat menjadi prioritas untuk dilakukannya perancangan ulang agar bersifat user-friendly terhadap penggunanya. Peneliti mengimplementasikan sebuah penelitian dengan metode User-Centered Design yang mengedepankan pengguna dengan dilakukannya penyebaran kuesioner. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype perancangan baru yang dibuat berdasarkan hasil kuesioner dari pengguna yang telah meningkatkan nilai usability sebanyak 21% yang dilihat dari aspek learnability, efficiency, memorability, error, dan satisfaction dan diharapkan dapat menjadi perancangan yang bersifat user-friendly bagi user terkait.


Keywords


Website; UI/UX; User-Centered Design; Prototyping; Usability

References


Herendy, C., Herendy, C., Lecturer, A., Researcher, S. U. X., & Univer-, N. (2017). HOW TO RESEARCH WEBSITE USABILITY AND USER EXPERIENCE IN PUBLIC ADMINISTRATION WEBSITES ? 3, 270–289.

Interaction design foundation. (2020). The Basics of User Experience Design By INTERACTION DESIGN FOUNDATION. In Interaction-Design.Org (First Edit). bookboon.com

Anoraga Bhirawa N., S. (2014). Pembuatan Website Portal Berita. Indonesian Journal on Networking and Security, 3(3), 1–14. https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/272/266

Rahadian, D., Rahayu, G., & Oktavia, R. R. (2019). Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Petik, 5(1), 11–24. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.489

Huda, M., Winarno, W. W., & Lutfi, E. T. (2017). Evaluasi User Interface Pada Sistem Informasi Akademik Di Stie Putra Bangsa Menggunakan Metode User Centered Systems Design. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 5(2), 42–59. http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/download/77/64

Pandusarani, G., Brata, A. H., & Jonemaro, E. M. A. (2017). Analisis User Experience Pada Game CS:GO dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3), 940–950. http://j-ptiik.ub.ac.id

Lestari, S. (2014). Analisis Usability Web ( Studi Kasus Website Umkm Binaan Bppku Kadin Kota Bandung ). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(1), (halaman 46).

Yatana Saputri, I. S., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269–278. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.269-278

ABDHAL, R. (2015). REDESIGN LOGO PABRIK TAHU “CNG” KOTA SOLOK. Nhk技研, 151, 10–17.

Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan Internet Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. CIived, 1(2), 142–146.

Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.