ANALISIS SENTIMEN PADA REVIEW PENGGUNA E-COMMERCE BIDANG PANGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (Studi Kasus: Review Sayurbox dan Tanihub pada Google Play)

Geyessella Manik, Iin Ernawati, Ika Nurlaili

Abstract


Sayurbox dan Tanihub merupakan e-commerce penyedia hasil pertanian yang dapat diakses dari situs Google Play. Pada Google play terdapat fitur ulasan yang tentunya akan berpengaruh terhadap calon pengguna karena sebelum mengunduh suatu aplikasi, calon pengguna biasanya akan melihat kolom ulasan sebagai tolak ukur efektivitas suatu produk. Untuk mendapatkan informasi apakah layanan yang diberikan termasuk ke dalam kelas positif atau negatif digunakan tahapan analisis sentimen yaitu pembersihan data dari kata dan simbol yang tidak relevan dengan sentimen lalu melabelinya, dan merubah data yang bernilai kualitatif menjadi data bernilai kuantitatif dengan bantuan Term Frequency-Invers Document Frequency (TF IDF) kemudian melakukan klasifikasi dengan metode Support Vector Machine dengan kernel linear pada ulasan sayurbox dan tanihub dengan jangka Februari 2020 hingga Januari 2021.  Akurasi tertinggi yang didapatkan yaitu pada data sayurbox sebesar 91,4% dengan jumlah sentimen terbanyak adalah sentimen positif sebanyak 738 (70%). Pada data review Tanihub, total akurasi sebesar 88,8% dengan sentimen terbanyak yaitu sentimen positif berjumlah 348 (65%).


Keywords


Analisis Sentimen; E-commerce; Support Vector Machine

References


Alvara, 2020. Catatan akhir tahun alvara [online] Tersedia pada: http://alvara-strategic.com/wp-content/uploads/2020/12/Catatan-Akhir-Tahun-Alvara-2020.pdf

Dailysocial, 2020. Sederet Aplikasi Belanja Online Terpopuler Selama Pandemi [online] Tersedia pada: https://dailysocial.id/post/sederet-aplikasi-belanja-online-terpopuler-selama-pandemi

Google Play, 2020. Tersedia pada: https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Play

Praptiwi, D. Y. 2018. ANALISIS SENTIMEN ONLINE REVIEW PENGGUNA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE DAN MAXIMUM ENTROPY (Studi Kasus: Review Bukalapak pada Google Play).

Purbo, O. W. 2019. Text Mining-Analisis Medsos, Kekuatan Brand, & Intelijen di Internet. ANDI (Anggota IKAPI).

Kuncahyo, 2019. Confusion Matrix untuk Evaluasi Model pada Supervised Learning. [online] Tersedia pada: https://medium.com/@ksnugroho/confusion-matrix-untuk-evaluasi-model-pada-unsupervised-machine-learning-bc4b1ae9ae3f

Scikit.learn.org, 2020. 1.4. Support Vector Machines. [online] Tersedia pada: https://scikit-learn.org/stable/modules/svm.html

Ilmawan, L. B., Mude, M. A. 2020. Perbandingan Metode Klasifikasi Support Vector Machine dan Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen pada Ulasan Tekstual di Google Play Store. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(2), 154-161.

Informatikalogi.com, 2021. Pembobotan Kata atau Term Weighting TF-IDF. [online] Tersedia pada: https://informatikalogi.com/term-weighting-tf-idf/

Nugroho, A. S., Witarto, A. B., dan Handoko, D. 2003. Support Vector Machine. Proceeding Indones. Sci. Meeiting Cent. Japan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.