Perancangan Sistem Informasi Monitoring Program Kerja Desa Pada Desa Cikakak

Vannesa Adenia Wilmar, Erly Krisnanik

Abstract


Sistem monitoring program kerja desa ini dapat memberikan kemudahan para staff desa dalam memberikan laporan monitoring terhadap pelaksanaan program kerja sehingga tidak lagi melakukan pencatatan secara manual yang dapat menimbulkan risiko kehilangan data dan data menjadi tidak akurat. Dengan menggunakan sistem monitoring ini, perekaman data-data yang berkaitan dengan program kerja desa juga tersimpan rapi ke dalam database. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi monitoring program kerja desa pada Desa Cikakak menggunakan metode waterfall dengan framework laravel dan database servernya menggunakan MySQL. Dengan adanya sistem monitoring program kerja desa (SIMPROKDES) ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan mempermudah pekerjaan para pihak yang terlibat sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Keywords


Desa; Sistem Monitoring; Program Kerja Desa; Laravel; MySQL

References


S. A. Purwokerto, J. Letjend, P. Sumarto, and W. Purwokerto, “Implementasi Paperless Office Pada Sistem Monitoring dan Evaluasi Program Kerja Organisasi Mahasiswa,” J. Matrik, vol. 17, no. 1, 2017.

C. Tristianto, “Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem dan Monitoring dan Evaluasi Pembangunaan Pedesaan,” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. XII, no. 01, pp. 8–22, 2018.

A. Irawan, M. Risa, A. M. M, and E. A. S, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Pada CV Nonninth Berbasis Online,” J. Positif, vol. 3, no. 2, pp. 74–82, 2017.

R. Habibi and R. Karnovi, “Tutorial membuat aplikasi sistem monitoring terhadap job desk operational

E. Handayani, “Desa Regeneratif 4.0,” 2020.

Y. E. Achyani and S. Saumi, “PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BUKU PERPUSTAKAAN.”

Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.

M. R. R. Widodo, M. R. Zainuddin, and L. S. Nusantara, “Sistem Informasi Dan Pengolahan Data Kursus Mobil Berbasis Web Dengan Sms,” - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 3, pp. 85–104, 2016.

S. Susanti, E. Junianto, and R. Rachman, “Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web,” J. Inform. UBSI, vol. 4, no. 1, 2017.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.