Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada RA TK AL-Muttaqin

Andi Iken Alifia Brilianti, Nurhafifah Matondang

Abstract


Pada era modern saat ini penggunaan teknologi semakin banyak diimplementasikan sebagai proses pendataan salah satunya dalam bidang sekolah. Sehingga seluruh lembaga pendidikan menerapkan sistem dalam setiap proses kegiatan. Namun sistem yang pada saat ini diterapkan di RA TK Al-Muttaqin masih dilakukan secara manual dan belum tersistem, mulai dari proses pendaftaran murid baru, pengelolaan data, pelaporan hingga penyampaian informasi. Pada penelitian ini, penulis akan merancang sebuah sistem informasi akademik berbasis website yang bertujuan untuk mempermudah pihak RA TK Al-Muttaqin dalam melakukan sebuah kegiatan administrasi. Metode analisis yang dibutuhkan sistem menggunakan analisis PIECES, kemudian pada sistem perancangannya menerapkan metode Waterfall. Metode yang digunakan dalam pemodelan gambar pada perancangan sistem menggunakan UML. Hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat mempermudah dalam proses pendaftaran, mengelola data serta penyampaian informasi dan pelaporan data.


Keywords


Sistem Informasi; Data; Website

References


Hutahean, Japerson. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Rivanthio, Tubagus Riko (2017). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Website Pada Sekolah Tinggi Analis Bakti Asih Bandung. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol. 4, No. 34.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Widodo, Mochamad Rendy Riskianto., M. Rozid Zainuddin, and Laura Saraswati Nusantara. (2016). Sistem Informasi dan Pengolahan Data Kursus Mobil Berbasis Web dengan SMS. Jurnal Informatika Merderka Pasuruan, Vol. 1, No. 3, 85-104. DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v1i3.43.

Moenir, Ardianto., & Fajar Yuliyanto. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Pada PT. Sinar Metrindo Perkasa (SIMETRI). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 2, No. 3, 128.

Sintawati, Ita Dewi., & Tri Hartati. (2020). Analisa Metode PIECES untuk Sistem Penjualan Alat Proteksi Radiasi pada CV. Kashelara Jakarta. Jurnal AKRAB JUARA, Vol. 5, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.