Rancang Bangun Sistem Informasi Poin Pelanggaran Siswa (Studi Kasus: SMAN 8 Bekasi)

Dina Amalia Febrianti, Ria Astriratma

Abstract


Proses pencatatan pelanggaran di SMAN 8 Bekasi terbilang tidak praktis karena tidak ada fasilitas yang tersedia untuk menemukan data yang dibutuhkan dan keakuratannya masih belum pasti. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pencatatan pelanggaran di SMAN 8 Bekasi dengan merancang sistem baru yang terkomputerisasi guna mengelola proses pencatatan poin pelanggaran. Pengembangan sistem waterfall adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan oleh model waterfall menyediakan alur pengembangan sistem informasi yang dilakukan secara terurut dan sekuensial. Pembuatan sistem informasi poin pelanggaran melibatkan beberapa tahap, untuk tahap awal adalah desain sistem yang bertujuan untuk memahami tiap proses yang berjalan. Untuk tahap kedua, bertujuan agar SMAN 8 Bekasi memantau itikad dari siswa dalam mematuhi aturan sekolah. Pada tahap ketiga, mulai diadakan perancangan laporan penelitian kegiatan terkait dengan Sistem Informasi Pencatatan Poin Pelanggaran. Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Poin Pelanggaran Siswa SMAN 8 Bekasi berbasis aplikasi situs web menggunakan PHP dan MySQL.


Keywords


Rancang Bangun; Sistem Informasi; Poin Pelanggaran; Waterfall

References


Anam, Khaerul dan Asep Taufik M., "Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada MI Al-Mursyidiyyah Al-Asyirotussyaffiyyah”, 2018.

Muhammad Rifa‟i, Sosiologi Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Patma, T. S., Maskan, M., & A. Utaminingsih, “Sistem Informasi Manajemen Guna Mendukung Keputusan”, 2018.

R. Susanto dan A. D. Andriana, "Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi", 2016.

R. &. S. M. Sukamto, "Rekayasa Perangkat Lunak", Informatika, 2018.

T. S. Jaya, "Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung)," 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.