Pengembangan Website PUSDIKLAT pada Menu Magang Menggunakan Framework CODEIGNITER 3.0 (Studi Kasus: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)

Yuli Febyola, Nurul Aini, Ria Astriratma, Rina Wahyuni

Abstract


Dengan tingginya permintaan mahasiswa yang mendaftarkan dirinya untuk melaksanakan program magang, sehingga menimbulkan tantangan baru bagi PUSDIKLAT Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk memberikan timbal balik yang cepat tanggap. Mengingat bahwa kegiatan magang ini merupakan kegiatan yang wajib bagi mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan, maka PUSDIKLAT Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menginginkan inovasi baru yaitu dengan mengembangkan sistem website yang sudah ada melalui menu magang. Setelah melakukan analisis kebutuhan pengguna berdasarkan data wawancara mengenai permasalahan, kemudian melakukan riset terhadap sistem website, dan merancang alur penggunaan sistem website. Dengan demikian hasil penelitian ini berupa pengembangan sistem website dengan menambahkan menu magang yang di dalamnya terdapat form pendaftaran magang yang dapat dilakukan secara online. Pengembangan website ini menggunakan Framework CodeIgniter 3.0 dan database MySQL. Hasil dari pengembangan website ini diharapkan dapat menambah efisiensi serta efektivitas pada pendaftaran magang di PUSDIKLAT Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.


Keywords


Magang; Website; Framework CodeIgniter 3.0; PERPUSNAS

References


Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30-37.

Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi: Pendekatan Terstuktur Teori dan Prakte Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta: 1999.

Prayitno, A. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 1(1), 28-37.

Puspitasari, D. (2015). Rancang bangun sistem informasi koperasi simpan pinjam karyawan berbasis web. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(2), 186-196.

Sonata, F. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(1), 22-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Senamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.